Pengertian Pembelajaran Akidah Akhlak
Serba Serbi Pendidikan - Sahabat serba serbi pendidikan pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Pengertian Pembelajaran Akidah Akhlak. Kata
Aqidah adalah merupakan bentuk isim sifat dari kata kerja bentuk lampau (فعل مضي ) yaitu عقدYang
berarti mengikat atau menyakini.[1]
Menurut
arti termonologi didalam bukunya Sayyid
Sabiq “Aqidah Islam” , Hasan Al banah mengemukakan bahwa arti
Aqidah adalah suatu perkara yang dibenarkan oleh hati dan jiwa, dapat menjadi
tenang, tenteram, sehingga jiwa itu menjadi yakin
dan mantap tanpa
ada suatu keraguan dan prasangkah yang buruk.[2]
Aqidah
adalah keimanan yang tersusun dari enam perkara yaitu iman kepada Allah,
Malaikat, Kitab, Rosul Dan Hari Kiamat Dan Taqdir baik Dan Taqdir buruk.[3]
Akhlak adalah berasal dari bahasa arab dalam bentuk jama’ yaitu خلق
yang artinya budi pekerti.[4]
Kalimat
tersebut mengandung segi-segi persesuaian dengan perkataan “khalqun”
yang berarti kajian keislaman yang menyatukan hubungan dengan Allah dan
makhluknya.[5]
Perumusan
akhlak timbul sebagai media yang memungkinkan adanya hubungan baik antara
manusia dengan Allah yang menciptakan segalah makhluk.[6]
Sebagaimana
yang telah dikemukakan diatas, perkembangan baru terhadap pandangan
pembelajaran membawa sebuah konsekuensi untuk memainkan peranan dan kompetensi
guru, sehingga mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan akan
lebih mampu lagi untuk mengelolah kelasnya sehinggah hasil belajar siswa berada
pada tingkat optimal.[7]
Dalam
pembelajaran ini adalah merupakan program yang bertujuan untuk membimbing atau
membentuk manusia yang agamis dengan menanamkan Aqidah keimanan dan membentuk
manusia yang berakhlakul karimah atau budi pekerti yan mulia/luhur serta
mempunyai kepribadian yang tanggu sehingga membentuk manusia yang bertaqwa
kepada Allah.[8]
Segalah
sesuatu yang menguatkan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak adalah untuk meluaskan
lingkungan pemahaman dalam pemikiran, sebagaimana dibukunya Abdullah Nata “Akhlak
Tasawuf ” bahwa Herbert Spencer menyatakan,
tentang segalah sesuatu kepentingan
yang bisa untuk meniggihkan akhlak
muliah (Akhlakul Karimah) dan yang lebih penting lagi adalah memberi dorongan (motivasi) kepada siswa, supaya melakukan perbuatan yang
berakhlakul karimah, berbicara yang luhur, agar anak anak didik tidak menjadi
anak didik yang tercelah dan hina, baik itu dihadapan sesama manusia maupun
dihadapan Allah.[9]
Adapun
tujuan dari Aqidah Akhlak adalah sebagai berikut:
a. Dapat menyelamatkan dirinya dari siksaan Allah, dan mengenalkan keimanan
serta dari segalah hal yang dapat menyempurnakan keimanan kepada Allah, dan
membentuk berakhlakul karimah
b. Memperkuat keimanan kepada Allah, yang telah menciptakan manusia, langit
dan bumi serta seisinya dan metaqdirkan
antara yang baik dan yang buruk
c.
Menumbuhkan semangat beraqidah Islam pada siswa
Dari
pengertian dan tujuan pembelajaran tersebut dengan jelas, untuk membimbing dan
mendidik siswa, untuk berakhlakul karimah, mempunyai peduman ajaran agama
islam, menanamkan keimanan, ketaqwaan
kepada Allah, berkepribadian yang tangguh.[11]
Demikian pembahasa kita tentang Pengertian Pembelajaran Akidah Akhlak semoga bermanfaat
[9]Ahmad
Amin, Ilmu Akhlak, Bulan Bintang,
Jakarta, 1975, hlm. 217.
[10]Mohammad Abdul
Qodir Ahmad, Thuruqu Ta’liit
Tarbiyah al-Islamiyyah Maktabah Nahdoh
Al-Misr¸Kairoh, 1981, Cet. Ke-1, hlm. 130.
[11]Usman Said, Metode Khusus Pembelajaran Agama Islam,
PT. Proyek Pembinaan Agama, Jakarta 1981, hlm. 50.
0 Response to "Pengertian Pembelajaran Akidah Akhlak"
Post a Comment
sumonggo tinggalkan salam