Serba
Serbi Pendidikan -- Sudah disadari baik oleh guru, murid maupun oleh orang
bahwa dalam proses belajar baik disekolah ataupun di rumah intelegensi
memainkan peranan yang sangat besar, khususnya berpengaruh kuat terhadap tinggi
rendahnya prestasi dan kreativitas yang dapat dicapai oleh anak. Kenyataan ini
semakin nampak dalam prestasi dan tingkat kreativitas anak yang menuntut banyak
berpikir, seperti matematika dan bahasa asing. Meskipun peranan dari
intelegensi sedemikian besar, namun harus diingat bahwa faktor-faktor yang lain
tetap berpengaruh pula. Maka tidak boleh dikatakan “taraf kreativitas anak di
rumah ataupun di sekolah kurang, pastilah karena taraf intelegensi juga
kering”.
Kemampuan
intelektual menunjukkan adanya taraf-taraf dari taraf intelegensi tinggi, taraf
cukup, sampai taraf agak kurang. Banyaklah manfaatnya bilamana taraf
intelegensi dapat diketahui, sebab dengan demikian dapat diketahui pula tentang
taraf prestasi dan kreativitas yang boleh diharapkan dari masing-masing anak.
Alat yang digunakan untuk mengukur tes adalah tes intelegensi kemudian hasil
tes ini memberikan gambaran tentang kemampuan intelektual yang dimiliki oleh
anak.
Tes
intelegensi yang digunakan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :
a) General Ability Test
Tes
ini disajikan soal-soal berpikir dengan menggunakan bahasa, bilangan-bilangan
dan pengamatan ruang, berdasarkan hasilnya ditarik kesimpulan tentang kemampuan
intelektual anak pada umumnya (secara menyeluruh).
Justru
tes intelegensi semacam inilah yang melaporkan suatu IQ, komponen intelegensi
yang ditonjolkan ialah komponen intelegensi teoritis.
b) Specific Ability/Aptitude Tes
Tes
ini menyajikan soal-soal yang khusus terarah untuk menyelidiki apakah anak
mempunyai kemampuan dalam bidang tertentu (bakat khusus), misalnya ;
penggunaan-penggunaan bilangan, ketelitian dalam pekerjaan administrasi dan
lain-lain.
Dari
kedua kelompok jenis tes tersebut dimungkinkan adanya suatu pertanyaan bahwa
dari manakah suatu bakat khusus itu timbul ? maka akan dapat diperoleh dari
berbagai kombinasi dari berbagai hal yaitu :
1) Kemampuan intelektual
2) Komponen intelegensi tertentu
3) Pengaruh pendidikan dalam keluarga
dan,
[1] W.
S. Winkel, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, PT. Gramedia,
Jakarta, 1984, hlm. 25-26.
0 Response to "Pengukuran Intelegensi"
Post a Comment
sumonggo tinggalkan salam