Seperti
telah dijelaskan di atas, kata kunci dari supervisi ialah memberikan layanan
dan bantuan kepada guru-guru, maka tujuan supervisi adalah memberikan layanan
dan bantuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang dilakukan guru di
kelas yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas belajar siswa.
Secara
umum, pembinaan guru atau supervisi pendidikan bertujuan untuk memberikan
bantuan dalam mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik, melalui
usaha peningkatan profesional mengajar, menilai kemampuan guru sebagai pendidik
dan pengajar dalam bidang masng-masing guna membantu mereka melakukan perbaikan
dan pembinaan dalam rangka meningkatan kualitas pendidikan.[1]
Dalam rumusan yang lebih rinci, Djajadisastra mengemukakan tujuan pembinaan
guru atau supervisi sebagai berikut :
a.
Memperbaiki
tujuan Khusus mengajar guru dan belajar siswa
b.
Memperbaiki
materi (bahan) dan kegiatan belajar mengajar
c.
Memperbaiki
metode, yaitu cara mengorganisasi kegiatan belajar megajar
d.
Memperbaiki
penilaian atas media
e.
Memperbaiki
penilaian proses belajar dan hasilnya
f.
Memperbaiki
pembimbingan siswa atas kesulitan belajarnya
g.
Memperbaiki
sikap guru atas tugasnya [2]
Dalam buku Pedoman
Supervisi PGAN sebagai acuan atau landasan pelaksanaan supervisi Pendidikan
Guru Agama Negeri (PGAN) menyebutkan bahwa tujuan supervisi ialah mengembangkan
situasi belajar-mengajar yang lebih baik melalui pembinaan dan peningkatan
profesi. Situasi belajar yang lebih baik dapat dicapai melalui pembinaan/
peningkatan kemampuan guru dalam proses penyusunan program pengajaran,
penyampain bahan pelajaran dengan sistem tertentu kepada siswa. Hal ini dengan
jelas tercantum dalam Undang-undang tentang pendidikan dan pengajaran No. 12
tahun 1945 Bab XVI pasal 27 yang berbunyi : “Pengawas pendidikan dan pengajaran
berarti memberi pimpinan kepada para guru untuk mencapai kesempurnaan
pekerjaannya ”.[3]
Berdasarkan
tujuan-tujuan tersebut sangatlah jelas, bahwa supervisi pendidikan bertujuan
sebagai berikut :
a.
Memperbaiki
proses belajar mengajar dalam menciptakan situasi belajar yang lebih baik
b.
Perbaikan
tersebut dilaksanakan melalui pembinaan profesional
c.
Sasaran
pembinaan tersebut adalah guru, atau orang lain yang terkait
d.
Secara
jangka panjang maksud tersebut adalah memberikan kontribusi bagi pencapaian
tujuan pendidikan
Bila
dikembangkan lebih detail, maka tujuan supervisi pendidikan adalam membantu
meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pendidikan terhadap kualitas
pengajaran.
0 Response to "Tujuan supervisi pendidikan"
Post a Comment
sumonggo tinggalkan salam