PEMBAHASAN PH-1 DAN PH-2 QURDIS KELAS 8

Soal Ulangan - sahabat soal ulangan pada kesempatan ini kita akan membahas soal penilaian harian yang sudah kita kerjakan pada minggu kemaren sebagai persiapan Penilaian Tengah Semester yang akan dilaksanakan mulai tanggal 14 September 2020.
BANK SOAL # PH 1
NO URUT
PERTANYAAN
JAWABAN A
JAWABAN B
JAWABAN C
JAWABAN D
KUNCI JAWABAN
1
Pada saat pelajaran Quran Hadis. Amir diminta oleh guru membacakan surat Quraiys dengan fasih dan tartil. Saat melafalkan :
Mad ‘iwadh
Mad layyin
c. Mad tamkin
d.    Mad ‘arid lissukun
B
الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ
Pada akhir ayat tersebut, ia panjangkan karena terdapat wau (  ) yang didahului oleh huruf berharakat fathah dan setelahnya terdapat huruf hidup yang diwaqafkan. Hal tersebut ia lakukan karena pada ayat tersebut terdapat hokum bacaan ……
2
Cermati ayat-ayat berikut :
1-A, 2-B, 3-C
1-A, 2-C, 3-B
1-B, 2-C, 3-A
1-C, 2-B, 3-A
D
Ayat Al-Qur’an
Hukum Bacaan
1
لَقَدْ خَلَقْنَ الْاِنْسَانَ فِى اَحْسَنِ تَقْوِيْمِ
A.
Mad ‘Iwadh
2
فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ
B.
Mad Layyin
3
فَوَسَطْنَ بِهِ جَمْعًا
C.
Mad ‘Arid Lissukun

Pasangan yang tepat untuk ayat al-Qur’an dan hukum bacaannya adalah ….
3
Apabila ada huruf berharakat fathatain yang berada di akhir ayat dan di waqafkan, maka hukum bacaannya adalah ….
Mad layyin
Mad ‘iwad
Mad badal
Mad ‘arid lissukun
B
4
      أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ hukum bacaan pada ayat tersebut adalah
Mad ‘arid lissukun
Mad layyin
Mad ‘iwadh
Mad badal
A
5
       فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا   Panjang bacaan pada kalimat yang bergaris bawah adalah ….
4 harakat
3 harakat
2 harakat
6 harakat
C
6
Perhatikan tabel berikut!
I
II
III
IV
B

Yang istilah dan artinya sesuai adalah….
7
Bacaan panjang ketika ada tanwin fathah atau fathatain dibaca waqaf (berhenti) pada akhir kalimat, baik berhenti karena terdapat tanda waqaf atau karena kehabisan nafasa dalah pengertian mad….
bADA
Layyin
'Iwad
Tami
C
8
Perhatikan ayat berikut
badal
‘ariḍ lissukun
. ṭabi’i
layyin
D

اَلَمْ نَجْعَلْ لَّهٗ عَيْنَيْنِۙ

Akhir ayat tersebut harus dibaca lunak karena mad….
9
Perhatikan ayat berikut!
Mad ‘ariḍ lissukun
mad layyin
Mad ‘iwaḍ
mad ṭabi’i
C

وَالذّٰرِيٰتِ ذَرْوًاۙ     فَالْحٰمِلٰتِ وِقْرًاۙ  

Hukum bacaan pada akhir ayat tersebut adalah….
10
Abdullah sedang membaca QS. an-Nazi’at (79):2, ketika sampai pada kalimat  وَّالنّٰشِطٰتِ نَشْطًاۙ   , ia memanjangkan bacaannya sebanyak….harakat
1
2
3
4
B
11
Habibullah sedang membaca QS. al-Baqarah (2) : 46, ketika membaca kalimat  اِلَيْهِ  .Habibullah membacanya dengan….
Lunak
Jelas
Dengu
Sama
A
12
Alfiah adalah siswi yang pandai membaca al-Qur’an. Ketika ia membaca huruf berharakat fathah yang bertemu dengan wau atau ya sukun di akhir ayat ia akan membaca panjang dua harakat atau empat harakat bahkan enam harakat. Dengan demikian Alfiah mempraktikkan bacaan mad…. 
Tamkin
‘Ariḍ lissukun
‘iwaḍ
Layyin
D
13
Perhatikan QS. al-Quraisy (106) : 3 berikut! 
Mad ‘iwaḍ
Mad ṭabi’i
Mad layyin
Mad ‘ariḍ lissukun
C

فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ - ٣

Hukum bacaan pada akhir ayat tersebut adalah….
14
Perhatikan ayat QS. al-Quraisy ayat 3-4 berikut!
1
3
4
5
C

فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ - ٣ الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ - ٤

Akhir ayat 3 ketika tidak dibaca waqaf dibaca…harakat.
15
Revaldo adalah siswa madrasah yang suka berbagi pengetahuan. Suatu hari ia menjelaskan kepada teman sebangkunya bahwa apabila terdapat mad thabi’i di akhir ayat atau ditengah ayat yang diikuti huruf hidup kemudian dibaca waqaf maka dapat dibaca panjang maksimal enam harokat. Dalam hal ini Revaldo menjelaskan tentang mad…. 
Mad ṭabi’i
Mad layyin 
Mad ‘ariḍ lissukun
Mad ‘iwaḍ
C
16
Perhatikan QS. al-Baqarah (2) : 2 berikut!
Mad ṭabi’i
Mad layyin
Mad ‘ariḍ lissukun
Mad ‘iwaḍ
C

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ - ٢

Akhir ayat tersebut dapat dibaca panjang maksimal enam harakat karena mad ….
17
Perhatikan kalimat-kalimat pada tabel berikut!
1 dan 2
3 dan 
4 dan 5
1 dan
B

Yang contoh mad ‘ariḍ lissukun adalah….
18
Perhatikan kalimat-kalimat pada tabel berikut! 
I dan II
I dan IV
II dan III 
III dan IV
B

Yang contoh mad layyin adalah….
19
Zaki sedang membaca QS. al-Baqarah (2) : 5, ketika membaca akhir kalimat, zaki membaca panjang maksimal.......Harakat
6
4
2
1
A

اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۙ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ


20
Perhatikan pada QS. Al-Baqarah ayat 12 berikut ini
Mad ‘iwaḍ
Mad ṭabi’i
Mad layyin
Mad ‘ariḍ lissukun
D

اَلَآ اِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُوْنَ وَلٰكِنْ لَّا يَشْعُرُوْنَ

pada lafal yang berwarna merah disebut bacaan Mad.



BANK SOAL # PH 2
NO URUT
PERTANYAAN
JAWABAN A
JAWABAN B
JAWABAN C
JAWABAN D
KUNCI JAWABAN
1
Abdullah mengeluarkan atau memberikan sebagian dari harta atau pendapatannya untuk pembangunan masjid dekat rumahnya. Perbuatan yang dilakukan Abdullah disebut…
Infak
Amanah 
Zakat D. wakaf
Wakaf
A
2
Perhatikan QS. al-Fajr ayat 15 berikut!
Bersyukur 
Bersabar 
Tawakkal 
Qana’ah 
A

فَاَمَّا الْاِنْسَانُ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ رَبُّهٗ فَاَكْرَمَهٗ وَنَعَّمَهٗۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَكْرَمَنِۗ - ١٥

Sikap orang yang beriman sesuai ayat tersebut seharusnya….
3
Perhatikan QS. al-Fajr ayat 16 berikut!
Bersyukur 
Bersabar 
 Tawakkal 
Qana’ah 
B

وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ - ١٦

Sikap orang yang beriman sesuai ayat tersebut seharusnya….
4
Perhatikan kalimat-kalimat dalam QS. Al- Fajr (89): 18 berikut!
1, 2,3, dan 4 
1, 3, 4, dan 2 
2,3,4, dan 1 
 3,4,2, dan 1
B

1
2
3
4
وَلَا تَحٰۤضُّوْنَ
الْمِسْكِيْنِۙ
عَلٰى
طَعَامِ

Urutan yang benar adalah….
5
Perhatikan ayat berikut!
Maka dia berkata: "Tuhanku telah memuliakanku 
maka dia berkata: "Tuhanku telah menghinakanku 
Sekali-kali tidak!, bahkan kamu tidak memuliakan anak yatim 
Dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin
C

كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُوْنَ الْيَتِيْمَۙ - ١٧

Arti yang tepat dari ayat tersebut adalah….
6
“Maka adapun manusia, apabila Tuhan mengujinya lalu memuliakannya dan diberinya kesenangan, Maka dia berkata: "Tuhanku telah memuliakanku". Adalah arti dari….
فَاَمَّا الْاِنْسَانُ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ رَبُّهٗ فَاَكْرَمَهٗ وَنَعَّمَهٗۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَكْرَمَنِۗ - ١٥
وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ - ١٦
كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُوْنَ الْيَتِيْمَۙ - ١٧
وَلَا تَحٰۤضُّوْنَ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِۙ - ١٨
A
7
Perhatikan ayat berikut!
Memuliakanku 
Menghinakanku 
Menghormatiku 
Membenciku
B

وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ - ١٦

Arti kalimat bergaris bawah adalah…. 
8
Salah satu sifat manusia adalah kurang bersyukur. Ayat yang menggambarkan sifat tersebut adalah….
وَلَا تَحٰۤضُّوْنَ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِۙ - ١٨
كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُوْنَ الْيَتِيْمَۙ - ١٧
وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ - ١٦
فَاَمَّا الْاِنْسَانُ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ رَبُّهٗ فَاَكْرَمَهٗ وَنَعَّمَهٗۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَكْرَمَنِۗ - ١٥
C
9
Perhatikan ayat berikut!
Sabar 
Syukur 
Dzikir 
Tawaḍu’
B

وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ - ١٦

Mencermati ayat tersebut seharusnya manusia memiliki sifat….
10
 Perhatikan QS. al- Baqarah (2): 254 berikut ini!
Perintah Wakaf
Perintah Zakat 
Perintah Sedekah 
Perintah Infak
D

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَاعَةٌ ۗوَالْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ - ٢٥٤



Isi pokok ayat tersebut adalah….
11
Pak Mulki termasuk orang yang tidak mau menginfakkan hartanya. Berkali-kali kesempatan berinfak ia dapati. Berulang-ulang seruan berinfak pun disampaikan, tetapi tetap saja Pak Mulki tidak berinfak. Perilaku Pak Mulki terasuk orang yang….
insyaf 
ẓolim 
murtad 
kufur 
D
12
Dalam QS. al- Baqarah (2): 261 Allah Swt, menjanjikan pahala berlipat ganda bagi orang-orang yang….
Infak
Zakat
Dziki
Do'a
A
13
Perhatikan ayat berikut! 
Hari Qiyamah 
Hari dagang 
Hari infak 
Hari syafaat
A

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَاعَةٌ ۗوَالْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ - ٢٥٤

Yang dimaksud ayat bergaris bawah tersebut adalah….
14
Sifulan adalah orang yang sangat berkecukupan,tetapi ia memilih memperkaya dirinya. Ia tidak mau berbagi dengan sesama. Berdasarkan QS. al-Baqarah (2): 254 perilaku Sifulan termasuk….
 Zolim 
Kikir 
Kufur 
Inkar
A
15
Berdasarkan ayat yang bergaris bawah ini
Orang Faki
Orang 
Amil (Panitia Zakat)
Orang yang 
C

اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعَامِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغَارِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ - ٦٠

yang termasuk salah satu penerima zakat adalah....


1 Response to "PEMBAHASAN PH-1 DAN PH-2 QURDIS KELAS 8"

sumonggo tinggalkan salam