BANK
SOAL # PH 1
|
||||||||||
NO
URUT
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
A
|
JAWABAN
B
|
JAWABAN
C
|
JAWABAN
D
|
KUNCI
JAWABAN
|
||||
1
|
Pada saat pelajaran Quran Hadis.
Amir diminta oleh guru membacakan surat Quraiys dengan fasih dan tartil. Saat
melafalkan :
|
Mad
‘iwadh
|
Mad
layyin
|
c. Mad
tamkin
|
d. Mad
‘arid lissukun
|
B
|
||||
الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ
وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ
|
||||||||||
Pada akhir ayat tersebut, ia
panjangkan karena terdapat wau ( ) yang didahului oleh huruf
berharakat fathah dan setelahnya terdapat huruf hidup yang diwaqafkan. Hal
tersebut ia lakukan karena pada ayat tersebut terdapat hokum bacaan ……
|
||||||||||
2
|
Cermati ayat-ayat berikut :
|
1-A,
2-B, 3-C
|
1-A,
2-C, 3-B
|
1-B,
2-C, 3-A
|
1-C,
2-B, 3-A
|
D
|
||||
Ayat
Al-Qur’an
|
Hukum
Bacaan
|
|||||||||
1
|
لَقَدْ خَلَقْنَ الْاِنْسَانَ فِى
اَحْسَنِ تَقْوِيْمِ
|
A.
|
Mad ‘Iwadh
|
|||||||
2
|
فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا
الْبَيْتِ
|
B.
|
Mad Layyin
|
|||||||
3
|
فَوَسَطْنَ بِهِ جَمْعًا
|
C.
|
Mad ‘Arid Lissukun
|
|||||||
|
||||||||||
Pasangan yang tepat untuk ayat
al-Qur’an dan hukum bacaannya adalah ….
|
||||||||||
3
|
Apabila ada huruf berharakat fathatain yang berada di akhir
ayat dan di waqafkan, maka hukum bacaannya adalah ….
|
Mad
layyin
|
Mad
‘iwad
|
Mad
badal
|
Mad
‘arid lissukun
|
B
|
||||
4
|
أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ hukum bacaan pada ayat tersebut
adalah …
|
Mad
‘arid lissukun
|
Mad
layyin
|
Mad
‘iwadh
|
Mad
badal
|
A
|
||||
5
|
فَاِنَّ
مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا Panjang bacaan pada kalimat yang bergaris bawah adalah ….
|
4
harakat
|
3
harakat
|
2 harakat
|
6
harakat
|
C
|
||||
6
|
Perhatikan tabel berikut!
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
B
|
||||
|
||||||||||
Yang istilah dan artinya sesuai
adalah….
|
||||||||||
7
|
Bacaan panjang ketika ada tanwin
fathah atau fathatain dibaca waqaf (berhenti) pada akhir kalimat, baik
berhenti karena terdapat tanda waqaf atau karena kehabisan nafasa dalah
pengertian mad….
|
bADA
|
Layyin
|
'Iwad
|
Tami
|
C
|
||||
8
|
Perhatikan ayat berikut
|
badal
|
‘ariḍ
lissukun
|
.
ṭabi’i
|
layyin
|
D
|
||||
|
||||||||||
اَلَمْ نَجْعَلْ لَّهٗ عَيْنَيْنِۙ
|
||||||||||
|
||||||||||
Akhir ayat tersebut harus dibaca
lunak karena mad….
|
||||||||||
9
|
Perhatikan ayat berikut!
|
Mad
‘ariḍ lissukun
|
mad
layyin
|
Mad
‘iwaḍ
|
mad
ṭabi’i
|
C
|
||||
|
||||||||||
وَالذّٰرِيٰتِ ذَرْوًاۙ فَالْحٰمِلٰتِ وِقْرًاۙ
|
||||||||||
|
||||||||||
Hukum bacaan pada akhir ayat
tersebut adalah….
|
||||||||||
10
|
Abdullah sedang membaca QS.
an-Nazi’at (79):2, ketika sampai pada kalimat وَّالنّٰشِطٰتِ نَشْطًاۙ , ia memanjangkan bacaannya sebanyak….harakat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
B
|
||||
11
|
Habibullah sedang membaca QS.
al-Baqarah (2) : 46, ketika membaca kalimat اِلَيْهِ
.Habibullah membacanya dengan….
|
Lunak
|
Jelas
|
Dengu
|
Sama
|
A
|
||||
12
|
Alfiah adalah siswi yang pandai
membaca al-Qur’an. Ketika ia membaca huruf berharakat fathah yang bertemu
dengan wau atau ya sukun di akhir ayat ia akan membaca panjang dua harakat
atau empat harakat bahkan enam harakat. Dengan demikian Alfiah mempraktikkan
bacaan mad….
|
Tamkin
|
‘Ariḍ
lissukun
|
‘iwaḍ
|
Layyin
|
D
|
||||
13
|
Perhatikan QS. al-Quraisy (106) : 3
berikut!
|
Mad
‘iwaḍ
|
Mad
ṭabi’i
|
Mad
layyin
|
Mad
‘ariḍ lissukun
|
C
|
||||
|
||||||||||
فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ - ٣
|
||||||||||
|
||||||||||
Hukum bacaan pada akhir ayat
tersebut adalah….
|
||||||||||
14
|
Perhatikan ayat QS. al-Quraisy ayat
3-4 berikut!
|
1
|
3
|
4
|
5
|
C
|
||||
|
||||||||||
فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ - ٣ الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ
وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ - ٤
|
||||||||||
|
||||||||||
Akhir ayat 3 ketika tidak dibaca
waqaf dibaca…harakat.
|
||||||||||
15
|
Revaldo adalah siswa madrasah yang
suka berbagi pengetahuan. Suatu hari ia menjelaskan kepada teman sebangkunya
bahwa apabila terdapat mad thabi’i di akhir ayat atau ditengah ayat yang
diikuti huruf hidup kemudian dibaca waqaf maka dapat dibaca panjang maksimal
enam harokat. Dalam hal ini Revaldo menjelaskan tentang mad….
|
Mad
ṭabi’i
|
Mad
layyin
|
Mad
‘ariḍ lissukun
|
Mad
‘iwaḍ
|
C
|
||||
16
|
Perhatikan QS. al-Baqarah (2) : 2
berikut!
|
Mad
ṭabi’i
|
Mad
layyin
|
Mad
‘ariḍ lissukun
|
Mad
‘iwaḍ
|
C
|
||||
|
||||||||||
ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ
فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ
- ٢
|
||||||||||
|
||||||||||
Akhir ayat tersebut dapat dibaca
panjang maksimal enam harakat karena mad ….
|
||||||||||
17
|
Perhatikan kalimat-kalimat pada
tabel berikut!
|
1 dan
2
|
3
dan
|
4 dan
5
|
1 dan
|
B
|
||||
|
||||||||||
Yang contoh mad ‘ariḍ lissukun
adalah….
|
||||||||||
18
|
Perhatikan kalimat-kalimat pada
tabel berikut!
|
I dan
II
|
I dan
IV
|
II
dan III
|
III
dan IV
|
B
|
||||
|
||||||||||
Yang contoh mad layyin adalah….
|
||||||||||
19
|
Zaki sedang membaca QS. al-Baqarah
(2) : 5, ketika membaca akhir kalimat, zaki membaca panjang
maksimal.......Harakat
|
6
|
4
|
2
|
1
|
A
|
||||
|
||||||||||
اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ
رَّبِّهِمْ ۙ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ
|
||||||||||
|
||||||||||
|
||||||||||
20
|
Perhatikan pada QS. Al-Baqarah ayat
12 berikut ini
|
Mad
‘iwaḍ
|
Mad
ṭabi’i
|
Mad
layyin
|
Mad
‘ariḍ lissukun
|
D
|
||||
|
||||||||||
اَلَآ اِنَّهُمْ هُمُ
الْمُفْسِدُوْنَ وَلٰكِنْ لَّا يَشْعُرُوْنَ
|
||||||||||
|
||||||||||
pada lafal yang berwarna merah disebut bacaan
Mad.
|
BANK
SOAL # PH 2
|
|||||||||
NO
URUT
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
A
|
JAWABAN
B
|
JAWABAN
C
|
JAWABAN
D
|
KUNCI
JAWABAN
|
|||
1
|
Abdullah mengeluarkan atau
memberikan sebagian dari harta atau pendapatannya untuk pembangunan masjid
dekat rumahnya. Perbuatan yang dilakukan Abdullah disebut…
|
Infak
|
Amanah
|
Zakat
D. wakaf
|
Wakaf
|
A
|
|||
2
|
Perhatikan QS. al-Fajr ayat 15
berikut!
|
Bersyukur
|
Bersabar
|
Tawakkal
|
Qana’ah
|
A
|
|||
|
|||||||||
فَاَمَّا الْاِنْسَانُ اِذَا مَا
ابْتَلٰىهُ رَبُّهٗ فَاَكْرَمَهٗ وَنَعَّمَهٗۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَكْرَمَنِۗ
- ١٥
|
|||||||||
|
|||||||||
Sikap orang yang beriman sesuai
ayat tersebut seharusnya….
|
|||||||||
3
|
Perhatikan QS. al-Fajr ayat 16
berikut!
|
Bersyukur
|
Bersabar
|
Tawakkal
|
Qana’ah
|
B
|
|||
|
|||||||||
وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ
فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ - ١٦
|
|||||||||
|
|||||||||
Sikap orang yang beriman sesuai
ayat tersebut seharusnya….
|
|||||||||
4
|
Perhatikan kalimat-kalimat dalam
QS. Al- Fajr (89): 18 berikut!
|
1,
2,3, dan 4
|
1, 3,
4, dan 2
|
2,3,4,
dan 1
|
3,4,2,
dan 1
|
B
|
|||
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
وَلَا تَحٰۤضُّوْنَ
|
الْمِسْكِيْنِۙ
|
عَلٰى
|
طَعَامِ
|
||||||
|
|||||||||
Urutan yang benar adalah….
|
|||||||||
5
|
Perhatikan ayat berikut!
|
Maka
dia berkata: "Tuhanku telah memuliakanku
|
maka
dia berkata: "Tuhanku telah menghinakanku
|
Sekali-kali
tidak!, bahkan kamu tidak memuliakan anak yatim
|
Dan
kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin
|
C
|
|||
|
|||||||||
كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُوْنَ
الْيَتِيْمَۙ - ١٧
|
|||||||||
|
|||||||||
Arti yang tepat dari ayat tersebut
adalah….
|
|||||||||
6
|
“Maka adapun manusia, apabila Tuhan
mengujinya lalu memuliakannya dan diberinya kesenangan, Maka dia berkata:
"Tuhanku telah memuliakanku". Adalah arti dari….
|
فَاَمَّا الْاِنْسَانُ اِذَا مَا
ابْتَلٰىهُ رَبُّهٗ فَاَكْرَمَهٗ وَنَعَّمَهٗۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَكْرَمَنِۗ
- ١٥
|
وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ
فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ - ١٦
|
كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُوْنَ
الْيَتِيْمَۙ - ١٧
|
وَلَا تَحٰۤضُّوْنَ عَلٰى طَعَامِ
الْمِسْكِيْنِۙ - ١٨
|
A
|
|||
7
|
Perhatikan ayat berikut!
|
Memuliakanku
|
Menghinakanku
|
Menghormatiku
|
Membenciku
|
B
|
|||
|
|||||||||
وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ
فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ - ١٦
|
|||||||||
|
|||||||||
Arti kalimat bergaris bawah
adalah….
|
|||||||||
8
|
Salah satu sifat manusia adalah
kurang bersyukur. Ayat yang menggambarkan sifat tersebut adalah….
|
وَلَا تَحٰۤضُّوْنَ عَلٰى طَعَامِ
الْمِسْكِيْنِۙ - ١٨
|
كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُوْنَ
الْيَتِيْمَۙ - ١٧
|
وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ
فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ - ١٦
|
فَاَمَّا الْاِنْسَانُ اِذَا مَا
ابْتَلٰىهُ رَبُّهٗ فَاَكْرَمَهٗ وَنَعَّمَهٗۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَكْرَمَنِۗ
- ١٥
|
C
|
|||
9
|
Perhatikan ayat berikut!
|
Sabar
|
Syukur
|
Dzikir
|
Tawaḍu’
|
B
|
|||
|
|||||||||
وَاَمَّآ اِذَا مَا ابْتَلٰىهُ
فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهٗ ەۙ فَيَقُوْلُ رَبِّيْٓ اَهَانَنِۚ - ١٦
|
|||||||||
|
|||||||||
Mencermati ayat tersebut seharusnya
manusia memiliki sifat….
|
|||||||||
10
|
Perhatikan QS. al- Baqarah
(2): 254 berikut ini!
|
Perintah
Wakaf
|
Perintah
Zakat
|
Perintah
Sedekah
|
Perintah
Infak
|
D
|
|||
|
|||||||||
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا
اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا
بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَاعَةٌ ۗوَالْكٰفِرُوْنَ هُمُ
الظّٰلِمُوْنَ - ٢٥٤
|
|||||||||
|
|||||||||
|
|||||||||
|
|||||||||
Isi pokok ayat tersebut adalah….
|
|||||||||
11
|
Pak Mulki termasuk orang yang tidak
mau menginfakkan hartanya. Berkali-kali kesempatan berinfak ia dapati. Berulang-ulang
seruan berinfak pun disampaikan, tetapi tetap saja Pak Mulki tidak berinfak.
Perilaku Pak Mulki terasuk orang yang….
|
insyaf
|
ẓolim
|
murtad
|
kufur
|
D
|
|||
12
|
Dalam QS. al- Baqarah (2): 261
Allah Swt, menjanjikan pahala berlipat ganda bagi orang-orang yang….
|
Infak
|
Zakat
|
Dziki
|
Do'a
|
A
|
|||
13
|
Perhatikan ayat berikut!
|
Hari
Qiyamah
|
Hari
dagang
|
Hari
infak
|
Hari
syafaat
|
A
|
|||
|
|||||||||
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا
اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا
بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَاعَةٌ ۗوَالْكٰفِرُوْنَ هُمُ
الظّٰلِمُوْنَ - ٢٥٤
|
|||||||||
|
|||||||||
Yang dimaksud ayat bergaris bawah
tersebut adalah….
|
|||||||||
14
|
Sifulan adalah orang yang sangat
berkecukupan,tetapi ia memilih memperkaya dirinya. Ia tidak mau berbagi
dengan sesama. Berdasarkan QS. al-Baqarah (2): 254 perilaku Sifulan
termasuk….
|
Zolim
|
Kikir
|
Kufur
|
Inkar
|
A
|
|||
15
|
Berdasarkan
ayat yang bergaris bawah ini
|
Orang
Faki
|
Orang
|
Amil
(Panitia Zakat)
|
Orang
yang
|
C
|
|||
|
|||||||||
اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ
لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعَامِلِيْنَ عَلَيْهَا
وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغَارِمِيْنَ وَفِيْ
سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ
عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ - ٦٠
|
|||||||||
|
|||||||||
yang termasuk salah satu penerima
zakat adalah....
|
ASSALAMUALAIKUM
ReplyDelete