SOAL PAT ILMU TAFSIR KELAS 10 AGAMA

Soal Ulangan - sahabat soal ulangan, sebagai salah satu upaya mempersiapkan diri dalam menghadapi Penilaian Akhir Tahun berikut kami sajikan contoh SOAL PAT ILMU TAFSIR KELAS 10 AGAMA

I.    Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada jawaban     A, B, C, D atau E pada lembar jawab yang tersedia !
1.   An-naskh merupakan masdar dari nasakha yang secara etimologi berarti ....


A.    menghapus
B.    memindahkan
C.    mengganti
D.   semua jawaban salah
E.    semua jawaban benar


2.   An-nasikh adalah isim ....


A.    mufrad
B.    ‘alam
C.    fa’il
D.   maf’ul
E.    isyarah


3.   Al-mansukh adalah isim ....


A.    mufrad
B.    tasniyah
C.    fa’il
D.   maf’ul
E.    isyarah


4.   Perbedaan redaksi dan cara membacanya dari wahyu Allah swt (al-Qur’an) adalah defnisi ....


A.    qari’
B.    qurra’
C.    qira’at
D.   qiran
E.    qarinah


5.   Ilmu yang mempelajari tata cara pengucapan redaksi Al-Qur’an dan perbedaannya dengan menyandarkan bacaan tersebut kepada perawi-perawinya adalah definisi ilmu qira’at menurut ....


A.    Muhammad al-Jawwad al-‘Aili
B.    Muhammad Abduh
C.    Mahmud at-Tahhan
D.   Ibnu Zakwan
E.    Ibnu al-Jazari


6.   Ilmu qira’at adalah ilmu yang berdasarkan pada penukilan dari ahli qira’at sampai kepada Nabi Muhammad SAW., yang dengan kata lain disebut dengan ....


A.    ilmu dirayah   
B.    ilmu riwayah
C.    ilmu munasabah
D.   ma’rifah
E.    kinayah


7.   Bacaan yang sahih itu apabila bacaan betul-betul mutawatir, kaidah qira’at harus sesuai dengan rasm Usmani, dan harus sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Arab. Jika tidak terpenuhi syarat tersebut maka qira’at tersebut adalah ....


A.    batal
B.    tidak sahih
C.    gugur
D.   syaz
E.    haram


8.   Faedah beraneka ragam qira’at Al-Qur’an adalah sebagai berikut ....
A.    Menambah hazanah pengetahuan tentang qira’at Al-Qur’an
B.    Meningkatkan pemahaman pengetahuan qira’at Al-Qur’an
C.    Menghindari perbedaan-perbedaan pendapat tentang qira’at Al-Qur’an
D.   Jawaban A dan C benar
E.    Jawaban A, B dan C benar
9.   Salah satu imam qira’at tujuh (al-Qira’at as-Sab’ah) adalah Imam ‘Asim ibn Abi an-Najud (w. 129 H) di mana rawinya adalah ....


A.    Qalun dan Warsy
B.    al-Bazzi dan Qunbul
C.    C. ad-Duri dan as-Susi
D.   Su’bah dan Hafs
E.    Hisyam dan ibnu Zakwan


10. Qira’at Sepuluh (al-Qira’at al-‘Asyr) yaitu imam Qira’at Tujuh ditambah 3 imam,  di antaranya adalah ....


A.    Hamzah bin Habib az-Zayyat
B.    Imam Ya’qub al-Hadrami
C.    Abdullah ibn Amir
D.   Abu Amr al-Basri
E.    Al-Kisai Ali bin Hamzah


11. Penyebab munculnya qira’at as-sab’ah adalah ....
A.    banyaknya riwayat tentang qira’at yang beredar di masyarakat
B.    adanya mushaf Usmani yang tidak berbaris
C.    menurunnya semangat untuk mempelajari qira’at dengan banyaknya qira’at
D.   jawaban A dan B benar
E.    semua jawaban benar
12. Penggagas pertama munculnya qira’at as-Sab’ah adalah ....


A.    Imam Abu Bakar bin Mujahid al-Bagdadi
B.    Manna’ul Qattan
C.    Imam Bukhari
D.   Imam Muslim
E.    Imam Jalaluddin


13. Penyederhanaan rawi menjadi dua orang untuk setiap imam qira’at memudahkan mengenal imam qira’at sab’ah dan menghafal materi qira’at sab’ah. Demikian menurut pendapat Imam asy-Syatibi (w. 591 H) dalam kitabnya Hirzul Amani wa Wajhut Tahani yang isinya berupa nazm (syair) sejumlah ... bait.


A.    1070   
B.    1071   
C.    1072
D.   1073
E.    1074


14. Pedoman dasar yang digunakan secara umum untuk mendapatkan pemahaman atas petunjuk-petunjuk Al-Qur’an adalah terminologi ....


A.    kaidah tafsir  
B.    ulumul qur’an
C.    qowaidul fikih
D.   tafsir
E.    usul fikih


15. Ilmu yang digunakan untuk mengetahui akar atau kata dasar dari suatu kata disebut ilmu ....


A.    usul fikih
B.    balaghah
C.    sharaf
D.   isytiqaq
E.    bahasa


16. Ilmu yang digunakan untuk mengetahui bentuk, asal dan pola sebuah kata disebut ilmu ....


A.    usul fikih
B.    balaghah
C.    sharaf
D.   Isytiqa
E.    bahasa


17. Kaidah yang berhubungan dengan damir adalah sebagai berikut ....
A.    diletakkan untuk mempersingkat perkataan
B.    setiap damir mempunyai marjik sebagai tempat kembali
C.    damir kembali pada tempat paling dekat
D.   jawaban A dan B benar
E.    semua jawaban benar
18. Apabila sebuah isim disebutkan dua kali maka memungkinkan ... kemungkinan.


A.    satu
B.    dua
C.    tiga
D.   empat
E.    lima


19. Kemungkinan apabila kedua isim itu ma’rifah maka pada umumnya yang kedua adalah ....


A.    hakekat yang pertama
B.    bukan yang pertama
C.    sudah diketahui
D.   belum diketahui
E.    semua jawaban salah


20. Sebagian kata dalam Al-Qur’an mempunyai arti yang berbeda ketika berbentuk mufrad dan jamak seperti kata ar-rih dalam bentuk jamak adalah rahmat sedangkan dalam bentuk mufrad berarti ....


A.    pertolongan
B.    kasih sayang
C.    azab
D.   petunjuk
E.    pahala


21. Kata dalam Al-Qur’an yang selalu disebutkan dalam bentuk mufrad adalah ....


A.    as-samak
B.    al-mukmin
C.    al-kafir
D.   adz-dzulm
E.    an-nur


22. Tafsir kontemporer adalah konsep penafsiran yang dikembangkan oleh para pemikir muslim neo-modernisme atau post modernisme pada abad ....


A.    XVII
B.    XVIII  
C.    XIX
D.   XX
E.    XXI


23. Di antara para penggusung penafsiran kontemporer adalah ....


A.    Muhammad Abduh
B.    Muhammad Shahrur
C.    Jamal Abdul Nasir
D.   Abdul Wahhab
E.    al-Kindi


24. Di dalam Al-Qur’an bentuk amar (perintah) ditunjukkan dengan bentuk ....


A.    fi’il amr
B.    fi’il mudhari’ yang didahului lam amr
C.    kalimat berita bermakna insya
D.   jawaban A dan B benar
E.    semua jawaban benar


25. تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ (QS. Al-Baqarah:196) adalah contoh ....


A.    mujmal
B.    mubayyan     
C.    ijmal
D.   mutlaq
E.    muqayyad


26. وَاَقِيْمُوا الصَّلاَةَ adalah contoh ....


A.    mujmal
B.    mubayyan
C.    ijmal
D.   mutlaq
E.    muqayyad


27. وَاَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَوا (QS. Al-Baqarah:275) adalah contoh ....


A.    mantuq         
B.    mafhum
C.    ijmal
D.   mutlaq
E.    muqayyad


28. فَلاَ تَقُلْ لَهُمَا اُفٍّ  (QS. Al-Isra’:23) adalah contoh ....


A.    mantuq         
B.    mafhum
C.    ijmal
D.   mutlaq
E.    muqayyad


29. فَتَحْرِيْرُ رَقَبَةٍ مِنْ قَبْلِ اَنْ يَتَمَاسَّا  (QS. Al-Mujadilah:3) kata رَقَبَةٍ adalah contoh ....


A.    mantuq         
B.    mafhum
C.    ijmal
D.   mutlaq
E.    muqayyad


30. مَنْ قَتَلَ مُؤْمِنًا خَطَئًا فَتَحْرِيْرُ رَقَبَةٍ مُؤْمِنَةٍ وَدِيَةٌ مُسَلَّمَةٌ   (QS. An-Nisa’:92) kata مُؤْمِنَةٍ رَقَبَةٍ adalah contoh ....


A.    mantuq         
B.    mafhum        
C.    ijmal
D.   mutlaq
E.    muqayyad


31. Berdasarkan sumbernya, tafsir bil ma’sur disebut juga dengan tafsir ....


A.    bid-dirayah    
B.    bir riwayah
C.    bil isyarah
D.   bil izdiwaji
E.    campuran


32. Tafsir bil ma’sur adalah penafsiran Al-Qur’an dengan Al-Qur’an atau dengan hadis ataupun dengan perkataan ....


A.    sahabat                  
B.    tabi’in 
C.    tabi’ut tabi’in
D.   ahlul bait
E.    khulfaur rosyidin


33. Salah satu kitab tafsir bil-ma’sur adalah karangan Ibnu Jarir at-Thobari yang dikenal sebagai Abu Ja’far. Di antara kitab-kitab yang lain, kitab ini adalah yang terbaik yang bernama ....


A.    Bahrul Ulum
B.    Ma’alim at-Tanzil
C.    Al-Muharrar al-Wajiz
D.   Jami’ al-Bayan fi Tafsir al-Qur’an
E.    Tafsir al-Qur’an al-Azim


34. Keunggulan tafsir Ibnu Jarir adalah ....
A.    bersumber dari hadis-hadis Nabi
B.    terdapat komentar sahabat dan tabi’in
C.    penafsirannya luas meliputi nasikh mansukh, tarjih riwayat, kualitas hadis, i’rab dan istinbat terhadap ayat hukmiyah
D.   semua jawaban salah
E.    semua jawaban benar
35. Kekurangan dari tafsir Ibnu Jarir adalah ....


A.    riwayat israiliyat yang tidak jelas
B.    adanya hadis palsu
C.    komentar tabi’ut tabi’in
D.   banyak hadis da’if
E.    sanadnya tidak jelas


36. Berdasarkan metodenya tafsir Al-Qur’an terbagi atas metode tahlili dan maudhu’i atau disebut sebagai metode ....


A.    bil-ma’sur dan bir-ra’yi
B.    bir-ra’yi dan bil-Isy’ari
C.    bid-dirayah dan bir-riwayah
D.   Istinbat dan ijtihad
E.    Analitik dan tematik


37. Menafsirkan Al-Qur’an dengan berusaha menjelaskannya secara berurutan ayat demi ayat dari awal hingga akhir sesuai dengan susunan Al-Qur’an disebut metode ....


A.    maudhu’i
B.    tahlili
C.    riwayah
D.   dirayah
E.    ru’yah


38. Metode tafsir yang berusaha mencari jawaban Al-Qur’an dengan cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur’an yang mempunyai satu tujuan, bersama-sama membahas topik atau judul tertentu disebut metode ....


A.    maudhu’i
B.    tahlili
C.    riwayah
D.   dirayah
E.    ru’yah


39. Tujuan utama ulama menafsirkan Al-Qur’an dengan metode tahlili adalah untuk meletakkan dasar-dasar rasional bagi pemahaman akan kemukjizatan Al-Qur’an. Demikian pendapat ....


A.    Malik bin Dinar
B.    Malik bin Marwan
C.    Malik bin Nabi
D.   Ibnu Munabbih
E.    Ibnu Jarir


40. Tafsir karya Kiai Nawawi Banten bernama ....


A.    Anwar at-Tanzil
B.    As-Sa’labi
C.    Tarjuman al-Qur’an
D.   Al-Burhan
E.    Al-Itqan



II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !
41. Sebutkan definisi nasakh secara terminology ! Sebutkan 3 bentuk nasakh Al-Qur’an !
42. Ilmu qira’at adalah ilmu yang tidak ada unsur ijtihad sama sekali. Jelaskan !
43. Sebutkan kaidah-kaidah qira’at yang sahih atau teruji validitasnya !
44. Kaidah umum penafsiran Al-Qur’an adalah seperangkat ilmu pengetahuan yang dibutuhkan seorang mufassir dalam menafsirkan Al-Qur’an. Ilmu-ilmu apa saja yang dimaksudkan ?
45. Di antara pembagian tafsir berdasarkan sumbernya adalah tafsir bir-ra’yi. Jelaskan beserta pembagiannya dengan jelas !

Demikian pembahasan kita tentang SOAL PAT ILMU KALAM KELAS 10 AGAMA untuk versi cetak dan kunci Jawaban silahkan download melalui link berikut ini KUNCI JAWABAN SOAL PAT ILMU TAFSIR KELAS 10 AGAMA

0 Response to "SOAL PAT ILMU TAFSIR KELAS 10 AGAMA"

Post a Comment

sumonggo tinggalkan salam