Pilihlah jawaban yang
benar dengan memberi tanda silang (X) pada jawaban A, B, C, D atau E pada lembar jawab yang
tersedia !
1.
Delegasi
kaum Anshar pada pertemuan Shahifa bani Saidah berkeinginan yang menjadi
pengganti Nabi SAW. adalah Saad bin Ibadah dengan alasan ….
A.
Merekalah
yang memberikan tempat bagi Rasulullah dan kaum Muhajirin setelah Baiah Aqabah
1
B.
Merekalah
yang memberikan tempat bagi Rasulullah dan kaum Muhajirin setelah Baiah Aqabah
1
C.
Merekalah
yang memberikan tempat bagi Rasulullah dan kaum Muhajirin setelah diusik kafir
Makkah
D.
Merekalah
yang memberikan tempat bagi Rasulullah dan kaum Muhajirin setelah diboikot
kafir Makkah
E.
Merekalah
yang memberikan tempat bagi Rasulullah dan kaum Muhajirin setelah Hijrah
2.
Delegasi
kaum Muhajirin pada pertemuan Shahifa bani Saidah berkeinginan yang menjadi
pengganti Nabi SAW. adalah Abu Bakar dengan alasan ….
A.
karena
beliau orang yang ditunjuk Rasulullah sebagai imam shalat ketika Rasul
berhalangan
B.
karena
beliau orang yang ditunjuk Rasulullah sebagai imam shalat ketika Rasul pergi
C.
karena
beliau orang yang ditunjuk Rasulullah sebagai imam shalat ketika Rasul sakit
D.
karena
beliau orang yang ditunjuk Rasulullah sebagai tabib ketika Rasul sakit
E.
karena
beliau orang yang ditunjuk Rasulullah sebagai imam shalat ketika Rasul sakit
3.
Di
antara tokoh yang menentang Ali Bin Abi Thalib sebagai Khalifah melalui
pemberontakan dalam perang Jamal adalah …
A.
Abdullah,
Thalhah dan Zubeir dibantu oleh Aisyah isteri Rasulullah SAW.
B.
Abdullah
dan Zubeir oleh Aisyah isteri Rasulullah SAW.
C.
Thalhah
dan Abdullah dibantu oleh Aisyah isteri Rasulullah SAW.
D.
Thalhah
dan Zubeir dibantu oleh Aisyah isteri Rasulullah SAW.
E.
Thalhah
Hasan dan Zubeir Bin Awwam dibantu oleh Aisyah isteri Rasulullah SAW.
4.
Pengangkatan
Khalifah Ali Bin Abi Thalib juga ditentang Mu’awiyah bin Abu Sufyan, Gubernur
Damaskus yang masih keluarga ….
A.
Abu
Bakar Ash-Shiddiq
B.
Umar
bin Khattab
C.
Usman
bin Affan
D.
Aisyah
ra
E.
Amr
bin al-Ash
5.
Delegasi
Khalifah Ali Bin Abi Thalib dalam gencatan senjata pada perang Siffin adalah ….
A.
Abu
Hasan Al Asy’ary
B.
Abu
Musa Al-Asy’ary
C.
Amr
bin al-Ash
D.
Amr
Bin Yasir
E.
Yasr
Bin Amr
6.
Delegasi
kelompok Muawiyah Bin Abi Sofyan dalam gencatan senjata pada perang Siffin
adalah ….
A.
Abu
Hasan al-Asy’ary
B.
Abu
Musa al-Asy’ary
C.
Amr
bin al-Ash
D.
Amr
bin Yasir
E.
Yasr
bin Amr
7.
Tokoh
pendiri Aliran Mu'tazilah adalah ….
A.
Jahm
bin Safwan
B.
Ma’bad
al-Juhaini
C.
Hasan
al-Basri
D.
Washil
bin Atho’
E.
Abul
Hasan al-Asy’ari
8.
Tokoh
pendiri Aliran Qadariah adalah ….
A.
Jahm
bin Safwan
B.
Ma’bad
al-Juhaini
C.
Hasan
al-Basri
D.
Washil
bin Atho’
E.
Abul
Hasan al Asy’ari
9.
Tokoh
pendiri Aliran Jabariah adalah ….
A.
Jahm
bin Safwan
B.
Ma’bad
al-Juhaini
C.
Hasan
al-Basri
D.
Washil
bin Atho’
E.
Abul
Hasan al-Asy’ari
10.
Tokoh
pendiri Aliran Sunni adalah ….
A.
Jahm
bin Safwan
B.
Ma’bad
al-Juhaini
C.
Hasan
al-Basri
D.
Washil
bin Atho’
E.
Abu
Hasan al-Asy’ari
11.
Kelompok
Ahlussunah Wal Jamaah dinisbahkan pada ….
A.
Abu
Hasan al-Asy’ari
B.
Hasan
al-Basri
C.
Abu
Mansur Al-Maturidi
D.
Abu
Hasan al-Asy’ari dan Hasan al-Basri
E.
Abu
Hasan al Asy’ari dan Abu Mansur Al-Maturidi
12.
Dari
perselisihan antara Hasan al Basri dengan muridnya Washil bin Atho’ ialah
lahirnya satu kelompok baru yang dikenali dengan ….
A.
Murji’ah
B.
Qadariah
C.
Jabariah
D.
Mu'tazilah
E.
Sunni
13.
Hadis
yang dijadikan simbol perpecahan sebagai yang telah diprediksi Nabi SAW. Yang
menanyakan bahwa umat Islam akan terpecah dalam 73 golongan dan yang benar
adalah ....
A.
Ahlussunah
Wal Jamaah
B.
Murji’ah
C.
Qadariah
D.
Jabariah
E.
Mu'tazilah
14.
Sumber
kebenaran ajaran Islam terdapat dalam ….
A.
Logika
B.
Ulama
C.
Kitab
Klasik
D.
Umara
E.
Al-Qur’an
dan sunah Rasul
15.
Aliran
Khawarij dapat diidentifikasi melalui ajaran yang dikandungnya. Salah satunya adalah
….
A.
Pelaku
dosa besar bukanlah kafir dan bukan pula mu’min
B.
Semua
dosa besar dapat diampuni Allah SWT.
C.
Ali
bin Abi Thalib dan Mu’awiyah bin Abu Sofyan adalah pemimpin tertinggi aliran
Khawarij
D.
Iman
memiliki konsekuensi dengan amal manusia
E.
Siapapun
berhak menjadi pemimpin asalkan ia memiliki kapasitas paripurna
16.
Perhatikan
nama-nama berikut:
1)
Qadariyah
2)
Jabariyah
3)
Mu'tazilah
4)
Murji’ah
5
5)
.
Asy’ariyah
6)
Maturidiyah
Aliran
kalam yang dikelompokkan sebagai Ahlusunnah wal Jama’ah adalah….
A.
1
dan 2
B.
1
dan 3
C.
3
dan 4
D.
3
dan 6
E.
5
dan 6
17.
Nama
Jabbariyah berasal dari kata Jabbara, artinya ….
A.
Pasrah
B.
Menangguhkan
C.
Memaksa
D.
Menyerahkan
E.
Mengikuti
18.
Kewajiban
mengetahui perbuatan baik dan buruk berdasarkan wahyu adalah pendapat ….
A.
Asy’ariyah
B.
Mu'tazilah
C.
Jabbariyah
D.
Khawarij
E.
Syi’ah
19.
Salah
satu ciri khas dari golongan Murji’ah adalah…..
A.
Free
will dan Free act
B.
Predestination
C.
Menangguhkan
persoalan
D.
Al
- Manzilah bainal manzilatain
E.
Fatalism
20.
Tuhan
memiliki Tangan tetapi Tangan Tuhan tidak sama dengan makhlukNya adalah
pendapat ….
A.
Asy’ariyah
B.
Salafiyah
C.
Qadariyah
D.
Jabariyah
E.
Salafiyah
21.
Perbedaan
antara Asy’ariyah dan Maturidiyah adalah pada persolan….
A.
Perbuatan
manusia
B.
Rupa
Tuhan
C.
Persoalan
Iman
D.
Melihat
Tuhan
E.
Al-Quran
Qodim
22.
Yang
memiliki kesamaan pandangan tentang “Iman tidak berkaitan dengan amal”, adalah
....
A.
Qadariyah-Jabbariyah-Murji’ah
B.
Salafiyah-Wahabiyah-Sunni
C.
Murji’ah-Qadariyah-
Maturidiyah
D.
Syi’ah-Khawarij-Murji’ah
E.
Khawarij-Asy’ariyah
- Mu'tazilah
23.
Pernyataan
berikut ini yang menggambarkan keadaan akidah pada masa Rasulullah SAW. Adalah
.…
A.
Masyarakat
terpecah-pecah ke dalam beberapa mazhab teologi
B.
Umat
Islam masih dipersatukan dalam satu akidah
C.
Terjadi
gelombang penterjemahan filasafat Yunani ke dalam Islam
D.
Umat
Islam telah disibukkan oleh masalah-masalah politik
E.
Rasulullah
telah menyuruh umat Islam untuk mempelajari Ilmu Kalam karena penting guna
memelihara akidah
24.
Persoalan
yang pertama kali muncul setelah wafatnya Rasulullah SAW. adalah ….
A.
Imamah
B.
Ketuhanan
C.
Kerasulan
D.
Keimanan
E.
Keislaman
25.
Pernyataan
bahwa kejayaan Islam hanya mungkin akan tercapai bila umat Islam kembali kepada
ajaran yang masih murni adalah pendapat aliran ….
A.
Maturidiyah
B.
Mu'tazilah
C.
Qodariyah
D.
Wahabiyah
E.
Asy’ariyah
26.
Golongan
yang tidak mau terlibat dalam persoalan kafir mengkafirkan adalah ….
A.
Jabariyah
B.
Qadariyah
C.
Mu'tazilah
D.
Khawarij
E.
Murjiah
27.
Tokoh
pendiri Murji’ah ekstrim adalah ….
A.
Ghilan
Al-Dimasiqy dan Salim Al Afthas
B.
Urwah
bin Hudair dan Mustraid bin Sa’ad
C.
Muhammad
bin Ali bin Abi Thalib dan Abu Hanifah
D.
Al-Ja’ad
bin Dirham dan Jahm bin Abi Shafwan
E.
Husain
bin Muhammad dan Abu Hasan Al-Maturidi
28.
Kondisi
masyarakt pada masa Rasulullah SAW. masih berada dalam satu kesatuan akidah
karena ….
A.
Masyarakat
sangat mencintai Rasulullah SAW.
B.
Rasulullah
menjadi sumber utama dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi
umat
C.
Masyarakat
telah memiliki peradaban yang tinggi sehingga mampu menyelesaikan konflik
D.
Sistem
kehidupan bermasyarakat waktu itu menganut paham demokrasi
E.
Masyarakat
terbagi ke dalam beberapa qabilah yang menjunjung tinggi qabilahnya
29.
Aliran
Jabariyah dituding sebagai salah satu penyebab kemunduran umat Islam karena ….
A.
Menganut
paham fatalism
B.
Menganut
paham Free will dan Free act
C.
Selalu
menangguhkan persoalan
D.
Mengedepankan
konsep al-manzilah bainal manzilatain
E.
Meniadakan
konsep demokrasi dalam Islam
30.
Tuhan
memiliki sifat tetapi tidak sama dengan sifat makhluqnya adalah pendapat ….
A.
Asy’ariyah
B.
Khawarij
C.
Qadariyah
D.
Jabariyah
E.
Salafiyah
31.
Menurut
Mu'tazilah, Tuhan memberi janji dan ancaman bagi manusia sebagai konsekuensi
dari prinsip ….
A.
Al-Tauhid
B.
Al-‘Adl
C.
Al-wa’du
wa al-wa’id
D.
Al
manzilah bainal Manzilatain
E.
Amar
ma’ruf nahi munkar
32.
Di
antara tokoh yang mempengaruhi pemikiran teologi al-Maturidi adalah ….
A.
Ibnu
Nadim dan Abu Huzail Al-Allaf
B.
Abu
Hasan Al-Asy’ary dan Abu Hasan Al-Maturidi
C.
Abu
Mansur Al-Maturidi dan Al-Bazdawi
D.
Ibn
Hazam Al-Andalusi dan Abu Musa Al-Asy’ari
E.
Abu
Al-Yusr Muhammad Al-Bazdawi
33.
Ahlusunnah
wal jama’ah biasanya merujuk kepada golongan ….
A.
Khawarij
B.
Jabbariyah
C.
Asy’ariyah
D.
Murji’ah
E.
Mu'tazilah
34.
Tokoh
pendiri Murji’ah ekstrim adalah ….
A.
Urwah
bin Hudair dan Mustraid bin Sa’ad
B.
Ghilan
Al-Dimasiqy dan Salim Al-Afthas
C.
Muhammad
bin Ali bin Abi Thalib dan Abu Hanifah
D.
Jahm
bin Abi Shafwan
E.
Husain
bin Muhammad dan Abu Hasan Al-Maturidi
35.
Problematika
teologi di kalangan umat Islam baru muncul pada masa ….
A.
Ali
bin Abi Thalib
B.
Rasulullah
SAW
C.
Abu
Bakar
D.
Umar
bin Khattab
E.
Usman
bin Affan
36.
Aliran
Kalam yang memiliki kesamaan pandangan tentang “Tuhan bersifat adil karena Ia mengganjar
perbuatan baik/buruk hasil ikhtiar manusia” , adalah ….
A.
Jabariyah
dan Qadariyah
B.
Syi’ah
dan Murji’ah
C.
Asy’ariyah
dan Maturidiyah
D.
Salafiyah
dan Wahabiyah
E.
Qadariyah
dan Mu'tazilah
37.
Arja’a pada kata Murji’ah
mengandung arti ….
A.
Melampiaskan
B.
Memberi
pengharapan
C.
Memisahkan
diri
D.
Keluar
E.
Sesat
38.
Murji’ah
terbagi ke dalam dua kelompok besar yaitu ….
A.
Barat
dan Timur
B.
Sesat
dan selamat
C.
Kanan
dan kiri
D.
Moderat
dan ekstrim
E.
Klasik
dan modern
39.
Yang
dimaksud dengan Jahmiah pada aliran Murji’ah ekstrim adalah ….
A.
Kelompok
sesat
B.
Kelompok
selamat
C.
Pengikut
Jahm Ibn Safwan
D.
Pengikut
Abu Hasan Al-Salihi
E.
Kelompok
berseberangan
40.
Salah
seorang pendiri golongan Ibadiah adalah ….
A.
Abdullah
bin Ibad
B.
Jahm
bin Safwan
C.
Abu
Hasan Al-Asy’ari
D.
Washil
bin Atha’
E.
Ubaidillah
II.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar !
41.
Jelaskan
keadaan akidah masa Nabi Muhammad SAW. !
42.
Jelaskan
keadaan akidah masa sahabat !
43.
Bandingkan
pemikiran tentang kebebasan manusia menurut aliran Jabariyah !
44.
Bandingkan
pemikiran tentang kebebasan manusia menurut aliran Qadariyah !
45.
Jelaskan
pemikiran tentang kehendak mutlak Tuhan menurut aliran Mu'tazilah !
Demikian pembahasan kita tentang SOAL PAT ILMU KALAM KELAS 10 AGAMA untuk versi cetak dan kunci Jawaban silahkan download melalui link berikut ini KUNCI JAWABAN SOAL PAT ILMU KALAM KELAS 10 AGAMA
0 Response to "SOAL PAT ILMU KALAM KELAS 10 AGAMA"
Post a Comment
sumonggo tinggalkan salam