SOAL PAT ILMU HADITS KELAS 10 AGAMA

Soal Ulangan - sahabat soal ulangan, sebagai salah satu upaya mempersiapkan diri dalam menghadapi Penilaian Akhir Tahun berikut kami sajikan contoh SOAL PAT ILMU HADITS KELAS 10 AGAMA

I.    Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada jawaban     A, B, C, D atau E pada lembar jawab yang tersedia !

1.   Tahammul secara etimologi memiliki arti ....


A.    menanggung
B.    membawa
C.    menerima
D.   semua jawaban benar
E.    semua jawaban salah


2.   Seorang rawi mendengarkan lafal syaikhnya saat syaikh membaca atau menyebut hadis bersama sanadnya disebut merupakan tahammul al-hadits dengan metode ....


A.    as-sama’
B.    al-‘ardu
C.    al-ijazah
D.   al-munawalah
E.    al-muktabah


3.   Metode al-ijazah dalam tahammul al-hadis secara etimologi berarti ....


A.    memberi
B.    mengizinkan
C.    menulis
D.   memesan
E.    memberitahu


4.   Pada zaman sekarang ini cara menerima hadits yang paling banyak dipakai adalah ....


A.    as-sama’ dan al-ijazah
B.    al-ijazah dan al-wijadah
C.    al-‘ardu dan al-munawalah
D.   al-mukatabah dan as-sama’
E.    al-wasiyyah dan al-‘Ilam


5.   Proses mereportasekan hadis setelah ia menerimanya dari seseorang disebut ....


A.    tahammul
B.    ada’
C.    tahammul wa ada’
D.   takhrij hadis
E.    mustalah al-hadis


6.   Orang yang fasiq (pelaku dosa-dosa besar) waktu menerima hadis, apabila ia meriwayatkan hadis setelah bertaubat dan dapat dipercaya, maka riwayatnya ....


A.    ditolak
B.    wajib ditolak
C.    dapat diterima
D.   diabaikan
E.    didiamkan


7.   Siyaq al-isnad maksudnya adalah ....
A.    lafal-lafal yang digunakan dalam periwayatan hadis
B.    lafal-lafal yang digunakan dalam menerima suatu hadis
C.    metode-metode periwayatan hadis
D.   martabat-martabat dalam periwayatan hadis
E.    cara-cara meriwayatkan hadis
8.    قَرَأَ عَلَيْهِ وَاَنَا أَسْمَعُ  Merupakan sigat al-isnad pada martabat ke ....


A.    satu   
B.    dua    
C.    tiga
D.   empat
E.    lima


9.   Para muhaddisin membagi kepada sigat-sigat isnad ke dalam ... tingkatan.


A.    empat
B.    lima    
C.    enam
D.   tujuh
E.    delapan


10. Seorang kafir menerima kemudian meriwayatkan suatu hadis maka hadisnya ....


A.    diterima dengan syarat
B.    ditolak                                                
C.    wajib ditolak
D.   diterima jika menguntungkan umat Islam
E.    ditolak jika merugikan umat Islam



11. Berikut ini sigat isnad dalam martabat paling rendah adalah ....


A.    سَمِعْتُ 
B.    سَمِعْنَا   
C.    نَاوَلَنِى
D.   كَتَبَ اِلَيَّ
E.    اَخْبَرَنَا


12. Metode tahammul yang paling tinggi di antara semua metode yang lain adalah metode ....


A.    as-sama’
B.    al-‘ardu
C.    al-ijazah
D.   al-munawalah
E.    al-muktabah


13. Yang tidak termasuk syarat-syarat ada’ al-hadis menurut mayoritas ulama hadis, ulama ushul fikih, dan ulama fikih adalah ....


A.    muslim
B.    baligh 
C.    aqil
D.   dabit
E.    rijal al-hadis


14. ‘Adalah (adil) menjadi syarat sahnya penyampaian hadis, dengan alasan ....
A.    ‘adalah merupakan sifat terpuji
B.    ‘adalah (adil) menjamin tidak terjadi penyimpangan yang disengaja
C.    orang yang tidak adil tidak dapat dipercaya
D.   hadis yang disampaikan oleh orang zalim itu bukan hadis
E.    orang adil pasti amanah
15. Dabit juga menjadi syarat sahnya penyampaian hadis. Dabit artinya adalah ....


A.    kuat ingatannya
B.    istimewa
C.    dapat dipercaya
D.   jujur
E.    amanah


16. Seorang perawi mampu mengingat atau hafal apa yang ia dengar dari seorang guru pada saat menyampaikan hadis. Ini berarti ia memiliki sifat ....


A.    amanah
B.    terpecaya
C.    dabit
D.   siqah
E.    kazib


17. Berhimpun dua hal yang saling bertentangan dalam satu sesuatu adalah pengertian dari takhrij secara ....


A.    terminologi
B.    etimologi
C.    etnografi
D.   empiris
E.    histografi


18. Takhrij adalah kegiatan atau usaha mempertemukan matan hadis dengan sanadnya. Pendapat ini diungkapkan oleh  para ....


A.    ahli hadis
B.    ahli usul hadis
C.    ulama
D.   fuqaha
E.    ushuluddien


Teks hadis untuk soal no. 19-25
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بنُ يُوْسُفَ اَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِع عَنْ عَبْدِ الله رضي الله عنه اَنَّ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم قَالَ اِذَا كَانُوْا ثَلاَثَةٌ فَلَا يَتَنَاجَى اِثْنَانِ دُوْنَ الثَّالِثِ (رواه البخارى)
19. Materi berita yang berupa sabda, perbuatan atau taqrir Nabi Muhammad SAW. yang terletak setelah sanad terakhir adalah definisi ....


A.    matan hadis  
B.    rawi hadis
C.    sanad hadis
D.   mushonnif
E.    mukhorrij


20. Pada hadis di atas, yang merupakan matan hadis adalah ....


A.    حَدَّثَنَا  
B.    اَخْبَرَنَا  
C.    اِذَا كَانُوْا ثَلاَثَةٌ فَلَا يَتَنَاجَى اِثْنَانِ دُوْنَ الثَّالِثِ
D.   اِذَا كَانُوْا ثَلاَثَةٌ
E.    فَلَا يَتَنَاجَى اِثْنَانِ دُوْنَ الثَّالِثِ


21. Jalan yang menyampaikan kepada matan hadis adalah definisi ....


A.    matan hadis  
B.    rawi hadis
C.    sanad hadis
D.   mushonnif
E.    mukhorrij


22. Orang yang menyampaikan atau menuliskan dalam suatu kitab apa yang pernah didengar atau diterima dari seseorang (gurunya) adalah definisi ....


A.    matan hadis
B.    rawi hadis
C.    sanad hadis
D.   mushonnif
E.    mukhorrij


23. Sanad pertama pada hadis di atas adalah ....


A.    Malik
B.    Nafi’   
C.    Abdullah
D.   Abdullah bin Yusuf
E.    Bukhari


24. Rawi pada hadis di atas adalah ....


A.    Malik
B.    Nafi’   
C.    Bukhari
D.   Abdullah bin Yusuf
E.    semua jawaban benar


25. Pada hadis di atas, Bukhari adalah perawi ....


A.    kesatu
B.    kedua
C.    ketiga
D.   keempat
E.    kelima


26. Mayoritas ulama berpendapat bahwa seorang muhaddis boleh meriwayatkan hadis secara lafal dan secara ....


A.    murad
B.    maksud
C.    makna
D.   makna murad
E.    tertib


27. Kitab hadis al-Jami’ adalah kitab yang menghimpun hadis-hadis yang berkenaan dengan di antara hal-hal berikut ini kecuali ....


A.    akidah
B.    teologi
C.    hukum
D.   tafsir
E.    adab


28. Manakib sebagai salah satu kandungan kitab hadis al-Jami’ berisi tentang biografi dan keistimewaan ....


A.    nabi
B.    sahabat
C.    ahlul bait
D.   semua jawaban benar
E.    semua jawaban salah


29. Yang termasuk penyusun kitab hadis al-Jami’ adalah nama-nama berikut ini kecuali ....


A.    Bukhari
B.    Muslim
C.    Sufyan as-Sauri
D.   Abu Dawud
E.    Ad-Darimi


30. Kitab hadis as-Sunan adalah kitab hadis yang disusun berdasarkan bab-bab fikih, hanya mencakup hadis-hadis ....


A.    mauquf
B.    maqtu’
C.    marfu’
D.   qudsi
E.    semua jawaban benar


31. Hadis yang khusus disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW, berupa perkataan, perbuatan atau taqrir nabi, baik yang menyandarkannya sahabat, tabi’in atau yang lain, baik sanadnya bersambung atau terputus adalah definisi hadis ....


A.    mauquf
B.    maqtu’
C.    marfu’
D.   qudsi
E.    sahih


32. Hadis yang disandarkan kepada sahabat Nabi Muhammad SAW, berupa perkataan, perbuatan atau taqrir, baik sanadnya bersambung atau terputus adalah definisi hadis ....


A.    mauquf
B.    maqtu’
C.    marfu’
D.   qudsi
E.    sahih


33. Hadis yang disandarkan kepada tabi’in atau orang di bawahnya, berupa perkataan, perbuatan atau taqrir, baik sanadnya bersambung atau terputus adalah definisi hadis ....


A.    mauquf
B.    maqtu’
C.    marfu’
D.   qudsi
E.    sahih


34. Salah satu kitab as-Sunan yang masyhur adalah karya Sulaiman bin Asy’ats as-Sijistani yang dinamakan kitab ....


A.    Sunan an-Nasa’i
B.    Sunan Ibnu Majah
C.    Sunan asy-Syafi’i
D.   Sunan Abu Dawud
E.    Sunan ad-Darimi


35. Kitab hadis al-Musannaf adalah kitab hadis yang disusun berdasarkan bab-bab fikih, yang mencakup hadis-hadis ....


A.    marfu’
B.    maqtu’
C.    mauquf
D.   Jawaban A dan C benar
E.    Jawaban A, B dan C benar


36. Kitab hadis al-Mustadrak adalah karya kreatif ulama hadis periode keenam yang dimulai pada awal abad ....


A.    2 H    
B.    3 H
C.    4 H
D.   5 H
E.    6 H


37. Kitab hadis al-Mustakhraj adalah kitab yang disusun dengan cara pengarang mendatangi kitab-kitab hadis, kemudian mengeluarkan hadis-hadis yang ada di dalamnya dengan ... sendiri, dan bertemu dengan syaikhnya atau atasnya atau sahabat.


A.    riwayatnya    
B.    sanadnya
C.    kemauannya
D.   tulisannya
E.    pengakuannya


38. Kitab hadis al-Musnad adalah kitab hadis yang disusun berdasarkan nama-nama ....


A.    sahabat nabi
B.    tabi’in
C.    tabi’ut tabi’in
D.   kabilah
E.    rawi


39. Kitab hadis al-Mu’jam adalah kitab hadis yang berisi kumpulan hadis-hadis yang berurutan berdasarkan nama-nama sahabat, guru penyusun, negeri atau sesuai dengan urutan ....


A.    tahun
B.    kemasyhuran
C.    kesahihan
D.   nasab
E.    huruf hijaiyyah


40. Kitab al-Mu’jam al-Kabir karya Abu al-Qasim Sulaiman bin Ahmad at-Tabrani adalah kitab al-mu’jam terbesar di dunia yang mencakup sekitar ... hadis.


A.    40 ribu
B.    50 ribu
C.    60 ribu
D.   70 ribu
E.   80 ribu



II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !
41. Seseorang diperbolehkan mengutip hadis dari orang lain dengan syarat-syarat tertentu. Sebutkan syarat-syarat tersebut !
42. Dalam tahammul al-hadis terdapat banyak metode. Di antarnya adalah al-wijadah. Jelaskan metode al-wijadah !
43. Sebutkan nama sahabat yang meriwayatkan hadis kepada sahabat yang lain atau kepada tabi’in di mana ketika ia menerima hadis (tahammul al-hadis) dari Nabi Muhammad ia masih kecil !
44. Sebutkan alasan mengapa pada masa Nabi Muhammad SAW., melarang para sahabat untuk menulis hadis ?
45. Jelaskan kriteria kitab hadis al-Jami’ !

Demikian pembahasan kita tentang SOAL PAT ILMU HADITS KELAS 10 AGAMA untuk versi cetak dan kunci Jawaban silahkan download melalui link berikut ini KUNCI JAWABAN SOAL PAT ILMU HADITS KELAS 10 AGAMA

3 Responses to "SOAL PAT ILMU HADITS KELAS 10 AGAMA"

sumonggo tinggalkan salam