Soal Ulangan - sahabat soal ulangan berikut kami sajikan contoh SOAL USBN SMA/MA BAHASA INDONESIA KTSP. ada juga versi MS. Wordnya lho. Sumonggo bisa digunakan untuk referensi Belajar.
Perhatikan paragraf
berikut ini!
Kapolri Jendral Pol
Badrodin Haiti menyambut positif penghargaan kepada orang-orang
yang bekerja keras
tanpa pamrih. Badrodin pun memberi apresiasi kepada salah satu peraih
penghargaan yang juga
merupakan anggota polwan dari polres Nganjuk, Jawa Timur, yakni
Aiptu Naniek Yuliati.
Naniek mendapat penghargaan pada kategori pelayanan publik
karena mampu melayani
dan menangani puluhan warga Nganjuk yang dipasung lantaran
gangguan jiwa.
1.
Istilah
apresiasi pada paragraf tersebut adalah...
a.
Pembuktian
terhadap sesuatu
b.
Penghargaan
terhadap sesuatu
c.
Pengamatan
terhadap sesuatu
d.
Pengarahan
terhadap sesuatu
Paragraf berikut
untuk soal nomor 2 dan 3!
1)
Kebakaran
hutan dan lahan seluas1,7 juta hektare menyebabkan berbagai masalah.
2) Lebih dari 43 juta warga terpapar asap dan
504.000 warga terkena infeksi saluran napas.
3) Tidak hanya itu, terdapat 12 warga
meninggal dan kerugian materi ditaksir sekitar Rp.
20 triliun. 4) Asap juga melumpuhkan aktivitas
penerbangan selama hampir dua bulan,
mematisurikan
perekonomian rakyat, dan menghentikan aktivitas pendidikan. 5) Jika Pemerintah
tegas dan membela
kepentingan rakyat, sejak awal pelaku pembakaran hutan pasti telah ditindak
tegas.
2.
Kalimat
opini dalam paragraf tersebut ditunjukan kalimat...
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
3.
Apa
yang menyebabkan berbagai masalah dalam paragraf tersebut?
a.
Kebakaran
hutan terjadi karena ketidaktegasan pemerintah.
b.
Peristiwa
kabut asap terjadi karena pembakaran hutan.
c.
Masalah
tersebut disebabkan kebakaran hutan dan lahan.
d.
Berbagai
masalah terjadi karena perekonomian mati suri.
e.
Kebkaran
hutan sebabkan aktivitas pendidikan terhenti.
Bacalah
kutipan biografi berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.
Taufik Ismail lahir di Bukittinggi, 25 juni 1935. Ia pertama masuk
sekolah rakyat di Solo. Selanjutnya ia pindah ke Semarang. Pada tahun 1956-1957
ia memenangkan beasiswa American Service
International School. Semasa mahasiswa, Taufiq Ismail aktif dalam berbagai
kegiatan. Tercatat ia pernah menjadi ketua Senat Mahasiswa FKHP IPB (1960-1961)
dan Wakil Ketua Dewan Mahasiswa (1960-1962). Ia pernah mengajar sebagai guru
bahasa di SMA Regina Pacis, Bogor dan asisten dosen IPB. Taufiq telah
menghasilkan syair lagu sebanyak 75 buah. Ia pernah mewakili Indonesia dalam
membaca puisi dan Festival Sastra di 24 kota di Asia, Amerika, Australia,
Eropa, dan Afrika sejak 1970. Tahun 1993 karena perang Teluk, Taufiq pulang ke
Indonesia sebelum selesai studi bahasanya. Pada tahun 1993, Taufiq diundang
menjadi pengarang tamu di Dewan Bahasa dan Pusataka Kuala Lumpur. Taufiq selalu
tampil membacakan puisi-puisinya.
4. Hal yang dapat
diteladani dari Taufiq Ismail adalah ...
a. Ia
memenangkan beasiswa American Field
Service International School.
b. Ia
aktif dalam berbagai kegiatan sastra dan bahasa.
c. Ia
telah banyak menghasilkan syair lagu bertema religi
d. Ia
selalu membacakan puisi-puisinya dalam peristiwa bersejarah.
e. Ia
menjadi tamu undangan di Dewan Bahasa dan Pustaka Kuala Lumpur.
5. Mengapa Taufiq
pulang ke Indonesia sebelum selesai studi bahasanya?
a. Karena
kesibukannya dalam berbagai kegiatan.
b. Karena
mengajar salah satu SMA di Bogor.
c. Karena
terjadi Perang Teluk tahun 1993.
d. Karena
ingin melanjutkan studinya di Indonesia.
e. Karena
diundang menjadi pengarang tamu.
6. Perhatikan paragraf berikut ini!
Bengawan Solo kembali
mengamuk atas eksloitasi, destruksi, dan keserakahan manusia.
Jembatan dan akses
jalan putus. Permukiman dan sawah terendam banjir. Rakyat miskin
kedinginan, lapar,
stress, bahkan terkubur hidup-hidup oleh tanah longsor. Tanah longsor mejadi
subur karena banyak
humus didalamnya.
Ide pokok paragraf
tersebut adalah...
a.
Mengamuknya
Bengawan Solo
b.
Keadaan
banjir Bengawan Solo
c.
Terulang
lagi musibah Bengawan Solo
d.
Rusaknya
bantaran Bengawan Solo
e.
Amukan
dahsyat Bengawan Solo
Bacalah
kalimat panjang berikut dengan saksama!
Sejak lahirnya konsep pemikiran baru
dalam ilmu kedokteran, yang dicetuskan oleh profesor Linus Pauling, yakni
tentang ortomolecular medicine yang
pada dasarnya adalah studi biologi molekular sebagai sains dasar, penelitian
medis diarahkan pada molekul-molekul yang secara normal biologis filosofis ada
dalam tubuh manusia.
7. Inti kalimat panjang tersebut adalah...
a.
Konsep
pemikiran baru dicetuskan oleh Profesor Linus Pauling
b.
Ortomolecular
medecine adalah
sains dasar
c.
Ortomolecular
medecine dasarnya
adalah studi biologi
d.
Penelitian
medis diarahkan pada molekul
e.
Biologi
molekuler merupakan sains dasar
Perhatikan
Paragraf berikut ini!
Jumlah becak di Kota Solo sangat banyak.
Alat transportasi ini masih disukai warga Solo saat berpergian dalam jarak
dekat. Namun begitu, persoalan muncul dengan keberadaan becak tersebut. Salah
satu persoalan tersebut adalah pelanggaran lalulintas yang sering dilakukan
para pengemudi becak. Pelanggaran lalu lintas itu terjadi karena para pengemudi
becak merasa bebas dari aturan. Meskipun lampu rambu lalulintas menyala merah, tetap
saja mereka menerobos. Pelanggaran lalu lintas semacam itu sangat berbahaya
bagi pengemudi becak dan pengguna lain jalan.
8. Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah...
a.
Menjelaskan
keindahan becak sebagai alat transportasi tradisional di Kota Solo.
b.
Menginformasikan
permasalahan pelanggaran lalu lintas oleh pengemudi becak di Kota Solo.
c.
Mengajak
warga Solo agar tetap melestarikan keberadaan becak sebagai warisan budaya.
d.
Menjelaskan
pelanggaran lalu lintas bagi pengemudi kendaraan dan pengguna jalan.
e.
Menginformasikan
adanya peraturan yang dibuat khusus untuk pengemudi becak di Kota Solo.
Bacalah Paragraf
berikut ini !
1) Kekerasan terhadap anak semakin
marak. 2) Satgas Perlindungan Anak misalnya, setiap hari menerima laporan
kekerasan dan kejahatan terhadap anak. 4) Tingginya angka kekerasan tehadap
anak memperlihatkan ketidakpedulian kita terhadap anak untuk tumbuh dan
berkembang dengan wajar, bebas dari rasa takut, dan ancaman. 5) Oleh karena
itu, kita menuntut Kementrian Perlindungan Perempuan dan Anak membuat kebijakan
nasional yang lebih konkret dalam melindungi anak.
9. Opini penulis dalam paragraf tersebut ditunjukan
dalam kalimat...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 5
c. 2 dan 3
d. 3 dan 5
e. 4 dan 5
10. Perhatikan
kutipan berikut!
Pada dasarnya untuk menciptakan
sekolah yang ramah anak, harus ada proses revolusi hati,pikiran, dan tindakan
dari seluruh elemen pendidikan, terutama guru. Guru adalah garda depan dalam
mewujudkan suasana belajar menyenangkan di sekolah. Menarik dan tidaknya sebuah
proses pembelajaran tidak semata bertumpu pada lembaran buku teks pelajaran,
tetapi pada sosok guru yang mampu menyampaikan materi dengan menarik dan
kreatif.
Sayangnya , realitas di lapangan
menunjukan proses pembelajaran di sekolah masih terkesan satu arah. Pihak
sekolah masih menempatkan sosok guru sebagai sosok utama dan paling berkuasa
dalam pembelajaran. Kondisi tersebut membuat siswa tidak berkembang. Siswa
minim kreativitas karena tidak ada hubungan timbal balik(feedback) . Oleh karena itu,
dibutuhkan revolusi hati, pikiran, dan tindakan untuk mewujudkan sosok guru
tangguh, inspiratif, dan kreatif.
Dalam kutipan tajuk rencana tersebut,
penulis berpihak kepada...
a.
Siswa
b.
Sekolah
c.
Guru
d.
Kepala
sekolah
e.
Elemen
pendidikan
Bacalah
kutipan tajuk rencana berikut!
Salah satu keluhan wajib pajak adalah terbatasnya bank dan loket yang
melayani pembayaran PBB. Pemerintah Daerah menginginkan pembayaran dilakukan di
bank pembangunan daerah (BPD) agar BPD dapat menghimpun dana untuk memperkuat
likuiditas.
Meski demikian, keinginan tersebut jangan sampai mengalahkan layanan
kepada wajib pajak. Pemerintah daerah wajib meningkatkan kualitas layanan.
Pelayanan yang tidak memuaskan akan menjadi alasan wajib pajak menunda atau
tidak memenuhi kewajibannya.
11. Pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan
tajuk rencana tersebut adalah ...
a. para wajib pajak
b. pemerintah daerah
c. Bank Pembangunan Daerah
d. pembayaran PBB
e. pihak ketiga
Perhatikan paragraf berikut!
Sistem bertanam hidroponik dapat dilakukan
dengan media apapun. Selain itu, sistem hidroponik tidak memerlukan air terlalu
banyak. Penggunaan pupuk juga tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar.
Hasil bertanam sistem hidroponik tidak kalah dengan sistem penanaman langsung
di tanah. Biaya awal pembuatan mesin hidroponik yang agak mahal dapat disiasati
dengan penggunaan bahan-bahan bekas di sekitar kita. Sistem bertanam hidroponik
mempunyai kelebihan dan kekurangan.
12. Kalimat utama
yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah...
a.
Sistem
bertanam hidroponik mempunyai kelebihan dan kekurangan
b.
Penggunaan
pupuk sistem hidroponik tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar
c.
Biaya
awal pembuatan sistem hidroponik termasuk mahal
d.
Sistem
bertanam hidroponik dapat dilakukan dengan media apapun
e.
Sistem
hidroponik tidak memerlukan air terlalu banyak
13. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Taman Laut Alor adalah satu dari empat
taman bawah laut yang ada di Indonesia. Lokasi taman laut tersebut membentang
ribuan hektar. Lautnya bersih dan warna terumbu karangnya masih utuh. Beragam
ikan langka ditemukan disini.
Informasi
tersirat dari paragraf tersebut adalah...
a.
Tiga
taman lain di Indonesia, yakni Taman Laut Bunaken, Raja Ampat, dan Pulau Komodo
juga mempunyai terumbu karang yang indah.
b.
Lokasi
keempat taman laut tersebut membentang ribuan hektar di sepanjang pantai
sumatera yang indah.
c.
Sebagian
air lautnya bersih dan warna terumbu karangnya masih utuh sehingga terlihat
indah.
d.
Beragam
ikan langka seperti arwana dan oskar ditemukan di Bunaken, taman laut yang
indah ini.
e.
Ada
empat taman laut di Indonesia bagian barat dan atau Indonesia bagian timur yang
masih alami.
14. Bacalah dengan cermat paragraf berikut!
(1) Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen
Indonesia (YLKI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh
21 perusahaan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. (2) Selain itu, ada
yang layak minum, tetapi dengan catatan harus dicermati lagi proses
produksinya. (3) Jika tidak, ia bisa menjadi tak layak minum. (4) Penelitian
YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena
bocor dan di temukannya nomor registrasi yang berbeda-beda dalam satu dus. (5)
Bahkan, ada AMDK yang kandungan koloninya jauh melebihi SNI sementara tanggal
kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi paragraf adalah...
a.
Standar
SNI untuk AMDK gelas boleh melebihi asal batas waktu kedaluwarsanya masih lama.
b.
Konsumen
harus berhati-hati dengan AMDK gelas karena banyak AMDK gelas yang tidak layak
minum.
c.
Kandungan
koloni pada AMDK gelas tidak akan berubah sejak dari pabrik hingga konsumen
d.
YLKI
hanya bertugas meneliti AMDK gelas dan tidak perlu meneliti AMDK botol atau
galon
e.
Kandungan
plastik pada kemasan tidak akan mencemari air minum mesti diletakkan di tempat
yang tidak layak.
Bacalah dua kutipan teks berikut ini!
Teks I
Mata pelajaran bahasa daerah akan tetap ada
di kurikulum 2013 sebagai muatan lokal. Selain bahasa daerah, muatan lokal yang
bisa diisi materi kearifan lokal sesuai kebutuhan daerah atau sekolah
masing-masing. Mendikbud menjelaskan hal itu, Kamis(3/1) di Jakarta.
Teks II
Mendikbud menjelaskan bahwa dalam kurikulum
baru terdapat pelajaran seni, budaya, dan prakarya. Sekolah dapat memanfaatkan
pelajaran seni, budaya, dan prakarya untuk mengajarkan bahasa daerah.
15. Perbedaan
penyajian kedua teks berita tersebut adalah...
Teks
I
|
Teks
II
|
|
a.
|
diawali unsur berita apa
|
diawali unsur berita siapa
|
b.
|
diawali unsur berita siapa
|
diawali unsur berita apa
|
c.
|
diawali unsur berita di mana
|
diawali unsur berita siapa
|
d.
|
diawali unsur berita kapan
|
diawali unsur berita dimana
|
e.
|
diawali unsur berita bagaimana
|
diawali unsur berita kapan
|
16. Bacalah dua teks berita berikut!
Teks Berita I
Seorang pria paruh baya berusia sekitar
40-50 tahun terserempet Kereta Commuter
line di Stasiun Citayam. Pria yang belum diketahui identitasnya tersebut terserempet
kereta dari arah Bogor ke Jakarta. Beruntung nyawanya masih tertolong. Korban
mengalami luka ringan dan patah kaki. Petugas Stasiun Citayam, Rendi,
Menuturkan kejadian itu terjadi pukul 08.20 WIB. Kejadian nerawal saat pria
tersebut hendak menuju peron arah Bogor.
Teks Berita II
Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogor-Jakarta menyerempet
seorang pria di Stasiun Citayam. Diduga pria paruh baya berusia 40-50 tahun
tersebut nekat menyebrangi rel meski kereta sudah dekat. Seorang saksi mata,
Reza Indragiri, mengatakan sebelum kejadian ada sebuah KRL akan berhenti di
Stasiun Citayam. Menjelang berhenti, ada orang masih menyeberang rel menuju
peron tanpa menghiraukan kemungkinan tertabrak KRL.
Persamaan isi
kedua teks berita tersebut adalah...
a.
Kondisi
pria paruh baya yang terserempet kereta di Stasiun Citayam mengalami luka
ringan dan patah kaki
b.
Sebuah
kereta rel listrik (KRL) commuter line
Bogor-Jakarta menyerempet seorang pria paruh baya di Stasiun Citayam
c.
Menurut
petugas stasiun, kejadian yang menimpa pria paruh baya tersebut terjadi sekitar
pukul 08.20 WIB
d.
Pria
paruh baya yang terserempet KRL itu nekat menyeberang rel meskipun kereta sudah
dekat
e.
Seorang
korban yang terserempet kereta api tapi masih bisa selamat
17. Bacalah
kedua teks berikut ini!
Bacaan I
Banyak lho aktivitas keseharian kita yang tanpa kita sadari adalah
aktivitas yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagai contoh aktivitas
pola tidur yang baik, pola makan yang baik, dan pola keseharian yang baik. Nah,
aktivitas itu jika benar-benar dilakukan sangat menjamin tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari
penyakit. Cara menjaga kesehatan seperti ini tidak perlu mengeluarkan uang
banyak dibanding dengan cara modern dan instan. Cara alami kayak gini juga bisa
menjadi cara menjaga kesehatan tubuh mulai dari paru-paru, jantung, dan mata.
Selanjutnya cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan cara olahraga rutin, makan
teratur, banyak minum air putih, mengonsumsi obat herbal, dan menjalani pola
hidup sehat.
Bacaan
II
Mengonsumsi pola makan sehat dan seimbang merupakan anjuran mendasar
yang hakiki bagi semua orang. Di mana asupan zat gizi yang terkonsumsi
menentukan aspek kesehatan nutrsisi setiap individu. Zat gizi tersebut diantaranya
karbohidrat, tepung-tepungan, gula , lemak, protein, vitamin, mineral, dan
serat.
Pola makan sehat dan seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat
tersebut, diantaranya menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan meningkatkan daya
tahan tubuh. Selain itu, pola makan sehat dan seimbang dapat meningkatkan
konsentrasi serta kinerja otak. Pola makan tidak sehat akan menimbulkan dampak
negatif bagi tubuh, salah satunya menyebabkan ketidakmaksimalan kinerja tubuh
dalam melaksanakan aktivitas.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua
bacaan tersebut adalah...
Bacaan I
|
Bacaan II
|
|
a.
|
bahasa baku
|
bahasa sehari-hari
|
b.
|
bahasa baku
|
bahasa tidak baku
|
c.
|
bahasa resmi
|
bahasa santai
|
d.
|
bahasa sehari-hari
|
bahasa ilmiah
|
e.
|
bahasa ilmiah
|
bahasa santai
|
18. Perhatikan puisi berikut ini!
Solitude
(Sutardji Calzum Bachri)
Yang paling
mawar
Yang paling
duri
Yang paling
sayap
Yang paling
bumi
Yang paling
pisau
Yang paling
risau
Yang paling
nancap
Yang paling
dekap
Samping Yang
paling Kau!
Berdasarkan
puisi kontemporer diatas, ciri-ciri yang paling dominan adalah...
a.
ukiran
bentuk/tipografi
b.
unsur
parodi
c.
pengulangan
bunyi
d.
paralelisme
dan hiperbola
e.
diksi
campuran
19. Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Dampu Awang jadi gelisah sendiri. Tetapi ia segera memutuskan untuk
tidak bercerita tentang orang tuanya yang ada di desa. Tetapi ia segera ingat
dengan dosa. Apa yang akan dilaksanakan termasuk dosa besar? Tuhan akan
benar-benar marah kepada orang yang berani kepada orang tuanya. Walau itu hanya
didalam hati. Karena Dampu Awang tidak ingin kehilangan istrinya yang cantik
jelita dan lemah lembutnya tiada tandinganya di dunia ini, maka ia tetap
bersikeras untuk tidak mengatakan pada istrinya bahwa dirinya masih mempunyai
seorang emak yang sudah tua dan sering sakit-sakitan.
Konflik kutipan cerpen tersebut adalah...
a.
meninggalkan
istri untuk berlayar
b.
tidak
menceritakan orang tua yang ada di desa
c.
mencari
emak yang sudah tua dan sakit-sakitan
d.
istri
yang tidak mau mengenal orang tua suaminya
e.
Tuhan
yang marah kepada orang yang berani kepada orang tuanya
20. Perhatikan
paragraf berikut ini!
Novel
“Sabtu Bersama Bapak” yang ditulis oleh Adithya Mulya menceritakan sebuah
keluarga. Pak Gunawan dan Bu Itje memiliki dua anak laki-laki, Satya dan Cakra.
Kisah bermula ketika Pak Gunawan terkena penyakit kanker dan hanya mempunyai
waktu satu tahun lagi berkumpul bersama dengan keluarganya.
Di
tengah perjuangannya melawan kanker, Pak Gunawan menyempatkan membuat video
untuk ditonton kedua anaknya. Video-video tersebut berisi nasihat dan bekal
kehidupan untuk kedua anaknya. Setelah Pak Gunawan meninggal kedua anaknya
mempunyai kebiasaan menonton video tersebut di hari Sabtu. Novel ini penuh
dengan pesan pendidikan, terutama pendidikan orang tua kepada anaknya.
Kalimat resensi yang
mengungkapkan kelebihan novel sesuai paragraf tersebut adalah ...
a.
Adithya
Mulya dalam novelnya menyajikan peristiwa-peristiwa yang tidak menggugah
perasaan pembaca, terutama saat penulis melontarkan lelucon
b.
Novel
Sabtu Bersama Bapak ini penuh dengan pesan pendidikan sehingga dapat menjadi
bacaan bagi para orang tua dan calon orang tua
c.
Novel
Sabtu Bersama Bapak karya Adithya Mulya menggambarkan anak remaja saat ini yang
jauh dari pendidikan orang tuanya
d.
Certia-cerita
dalam novel Sabtu Bersama Bapak ini sangat menggugah perasaan pembaca, sehingga
tidak mengherankan jika novel ini meraih best
seller
e.
Novel
Sabtu Bersama Bapak yang ditulis Adithya Mulya ini lebih cocok dikategorikan ke
dalam sebuah cerita biografi karena menceritakan kisah kehidupan seseorang
hingga meninggal dunia
21. Perhatikan
kutipan berikut ini!
Rumahku
Rumahku dari
unggun-unggun sajak
Kaca jernih dari
segala nampak
Kulari dari gedung
lebar halaman
Aku tersesat tak
dapat jalan
Kemah kudirikan
ketika senjakala
Di pagi terbang entah
kemana
Rumahku dari
unggun-unggun sajak
Di sini aku berbini
dan beranak
Rasanya lama lagi,
tapi datangnya datang
Aku tidak lagi meraih
petang
Biar berleleran kata
manis madu
Jika menagih yang
satu
Kalimat
kritik positif yang sesuai dengan kutipan puisi tersebut adalah ...
a. Pilihan kata dalam
kutipan puisi “Rumahku” terkesan datar karena syairnya sederhana.
b. Kata-kata dalam puisi
tersebut hanya diulang-ulang yang menandakan penyair tidak kreatif dalam
bermain kata-kata.
c. Pembaca sulit untuk
menafsirkan makna puisi karena penuh dengan kata kiasan.
d. Puisi “Rumahku” tidak
menarik karena lariknya terkesan bercerita secara langsung.
e. Kutipan puisi
tersebut mengandung repetisi. Repetisi tersebut bukan merupakan kelemahan,
melainkan memperkuat arti dan membuat pikiran terkonsentrasi untuk merenung
yang dapat menimbulkan daya pesona.
22. Perhatikan
dua kutipan novel berikut ini!
Novel I
Siapa
bapakku, demikian pula di mana aku diperanakkan oleh bundaku, tiada kukeahui
dengan benar, tetapi antara ada dengan tiada, masih terbayang-bayang dalam
ingatanku, wajah seorang laki-laki yang selalu menjulang aku, semasa aku mulai
fasih berkata-kata. Jika sungguh orang itu bapakku, tiadalah lain yang
kuketahui tentang perawakan badannya, lain daripada tinggi dan lampai, karena
jika kuingat ketika aku merecak tengkuknya , riang rasa tengkukku meracak bumi.
(Suman. H.S,
Percobaan Setia)
Novel II
Malam
itu kau melihat kapal-kapal mereka nun jauh di laut, sedang berlayar menuju
pulaumu. Armada dengan layar-layar berkibar dan tiang-tiang tegak, berpadu
ombak membelah ombak, angin berharum garam membawa semacam aroma lain yang
sengatnya tajam. Kapal-kapal itu datang laju, menuju cercah-cercah serupa nyala
emas hangus yang bertebaran di permukaan gunung, gemerlap yang kelam, sarat
bersusun-susun, memancar terlalu terang untuk pulau sekecil itu.
(Nukila Amal, Cala
Ibi)
Perbedaan
gaya bahasa kedua kutipan novel tersebut adalah . . .
Novel l
|
Novel ll
|
|
a.
b.
c.
d.
e.
|
menggunakan bahasa lugas
menggunakan majas
menggunakan bahasa lugas
menggunakan bahasa resmi
menggunakan ungkapan
|
menggunakan ungkapan
menggunakan bahasa sehari-hari
menggunakan majas
menggunakan bahasa populer
menggunakan bahasa melayu
|
23. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Ayah datang kepadaku! Aku berlari ke ruamg
tamu. Kulihat ayah sedang mengamat-amati foto Hamzah yang dipegang oleh istriku
di lemari pajangan. Farida dan Farah sedang membuka-buka album foto
pernikahanku. Kunyalakan lampu ruang tamu. Tiba-tiba aku merasa bau ruang
tamuku begitu sengit. Padahal, sebelumnya tidak pernah tercium olehku bau yang
sesengit ini. Mungkin karena aku gentar bertemu dengan ayah. Ayah orang yang
sangat rapi. Ia akan ribut jika rumah kami berantakan, apalagi ruang tamu.
Menurutnya, tamu harus diperlakukan sebaik-baiknya.
“Maaf,
Yah! Keadaannya berantakan. Si Hamzah ngompol setiap saat dan aku lupa tidak
menjemur sofa yang kena ompol,” kataku. Ayah terus saja menatap foto-foto
cucunya.
“Jangan
cucuku disalah-salahkan,” katanya
Watak
tokoh “Ayah atau kakek” pada kutipan cerpen tersebut yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari adalah ...
a.
memiliki
seorang anak yang malas menjaga kebersihan dan kerapihan
b.
orang
tua sering menyalahkan anaknya
c.
rasa
sayang kakek kepada cucu mengalahkan segala-galanya
d.
seorang
ayah yang tidak peduli pada kebersihan dan kerapihan
e.
kakek
sangat menyayangi cucu-cucu menantunya
24. Bacalah
kutipan novel berikut ini!
1) Aku terus
mengekori Ayah berjalan ke arah lain dan melakukan hal yang sama dengan tiga
laki-laki lagi. 2) bersalaman lama, di bawah sarung, saling menatap. 3) Pada
orang terakhir Ayah menyodorkan sebungkus uang , dan gantinya Ayah menarik
seekor sapi gemuk keluar lapangan. 4) Sapi selalu dinaikkan ke otoprah, dikirim
langsung ke kampung kami di Maninjau. 5) Amanat dari jamaah surau kami untuk
membeli seekor sapi untuk kurban Idul Adha minggu depan telah ditunaikan Ayah.
(Negeri 5 Menara, A. Fuadi)
Kalimat
yang menyatakan bahwa latar tempat yang terjadi pada peristiwa tersebut berada di pasar ternak adalah ...
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
25. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Jangan ditanya rantau jauh saya.
Tapi, pandanglah saya dari kecintaan pada orang dan kampung ini. Walau cuma
bisa kasih kurma, itu indah sekali ...,” begitu kilahnya, seraya berkata lagi
sambil menunjuk dadanya, ”semua tergantung disini. Rantau yang jauh tiada
taranya, di dalam dada. Begitu pula sebaliknya, di dada. Rasakan makna niatnya
...”
Biasanya, kami mengangguk-angguk. Ia tersenyum. Dan,
entah siapa yang memberinya gelar, kami akrab memanggil Pak Ayub sebagai Tuan
Kurma yang bijaksana. Ukuran bijaksana ini pun kami tak tahu pasti. Yang jelas
enak, menyebutnya , dan terasa patut, dan mungkin, ia tepat sekali. Kadang ada
yang patut, tap tak mungkin. Ada yang mungkin, tapi tak patut.
Nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
a.
Seseorang
yang memberikan kurma kepada warga kampung agar mendapatkan pujian
b.
Seseorang
ysng berbagi kurma kepada warga kampung disertai niat dan rasa ikhlas dari
hatinya
c.
Seseorang
yang selalu mengharapkan pemberian kurma dari orang lain setiap tahunnya
d.
Seseorang
yang memberikan gelar kepada oranglain karena kebaikannya selama ini
e.
Seseorang
yang merantau jauh dan pulang membawa beragam oleh-oleh, diantaranya kurma
26. Perhatikan kutipan hikayat berikut!
Tersebut pula perkataan seorang
dewata, artinya semangat negeri itu, merupakan diri seperti manusia. Ia
mengemukakan empat teka-teki yang mesti dijawab: kalau tidak, ia akan
memutuskan batang leher raja dan menghumbankannya dari atas kerajaan. Raja
ketakutan dan menyuruh memanggil Mahasyodhak kembali ke istana. Dengan mudah
saja, Mahasyodhak menjawab teka-teki itu. Dewata itu berkata kepada raja:
“Hai raja, hendaklah
jangan kau dengarkan fitnah dan hendaklah kau periksa baik-baik suatu pekerjaan
dan pelihara isi negeri ini, supaya jangan berdosa engkau pada hari kemudian.
Karena dunia ini tiada kekal adanya ...”
Nilai dalam kutipan
hikayat tersebut yang sesuai dengan kehidupan saat ini adalah ...
a. seorang raja hendaknya melindungi rakyat dari perbuatan tidak baik
b. perintah
seorang raja hendaknya segera dilaksanakan
c. teka-teki
yang diberikan oleh dewata hendaknya segera dijawab oleh seorang pemimpin
d. seorang
pemimpin harus bersikap jujur karena kehidupan di dunia hanya sementara
e. seorang
pemimpin hendaknya tidak mendengarkan fitnah dan bekerja sebaik mungkin
27. Perhatikan
kutipan resensi berikut ini!
Aspek menarik perlu dicatat adalah kesadaran Raditya terhadap plot film
sebagai entitas berbeda dan merdeka dari penjajahan sumber adaptasi. (...)
Bahkan, demi menjaga keutuhan plot, Dika mempreteli cerita sampai pada tataran
karakteristiknya. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki
anggota berbeda antara buku dan di film. Gimmick
yang dipakai pun berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor
sebaiknya sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam
mewujudkan misi itu.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
ulasan resensi yang rumpang tersebut adalah...
a. Dika ingin semua
bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot cerita tiga babak
utuh
b. Dika memisahkan
bebrapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak dimasukkan dalam
pembuatan film
c. Semua unsur canda
dalam buku Karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar keutuhan plot cerita
tiga babak utuh
d. Dika merelakan
beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan dalam film agar keutuhan plot
terjaga
e. Semua komedian,
termasuk Dika menyadari bahwa mengulang-ulang guyonan tidak akan membuatnya
bertambah lucu
28. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut ini!
(1) Kayu ramin diimpor
oleh pedagang-pedagang Singapura dan Kalimantan Barat.
(2) Di sana diolah
menjadi perabot rumah tangga.
(3) Tentu saja harga
sudah 7 atau 8 kali lipat di Kalimantan Barat.
(4) Kemudian dikirim ke
Jakarta, dan terkenal sebagai kayu jati Singapura.
Susunan
paragraf yang baik dari kalimat-kalimat diatas adalah...
a.
2-3-1-4
b.
1-2-4-3
c.
3-2-1-4
d.
1-2-3-4
e.
1-3-4-2
29. Perhatikan
paragraf berikut ini!
Buah merah merupakan tanaman khas Provinsi Papua yang berasal dari suku
pandan-pandanan. Dalam kehidupan sehari-hari buah merah dimanfaatkan sebagai
sumber makanan. Masyarakat pedalaman Provinsi Papua mengonsumsi buah merah yang
dimasak bersama keladi dan umbi jalar. Sebelum dimasak, buah merah dibelah dan
dibuang bagian dalamnya. (...) buah merah lalu dimasak dalam bentuk potongan
besar atau kecil-kecil. Setelah matang, buah merah langsung dimakan tanpa bahan
pendamping.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf eksposisi tersebut adalah...
a.
Setelah
buah merah direndam dalam air
b.
Setelah
buah merah diperas untuk diambil airnya
c.
Kemudian,
buah merah ditumbuk atau diblender
d.
Kemudian
buah merah dijemur hingga kering
e.
Selanjutnya
buah tersebut dicuci hingga bersih
30. Cermati paragraf deskripsi berikut ini!
Di pingir jalan
banyak orang berjualan kue dan minuman. Harga kue dan minuman sangat terjangkau.
Sayang, banyak lalat karena tidak jauh dari tempat itu tumpukan sampah. Dari
tumpukan sampah itu lalat terbang, lalu hinggap di kue dan minuman. Orang-orang
yang makan tidak merasa terganggu oleh lalat itu. ... .
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah...
a.
Mereka
tidak terganggu dengan tumpukan sampah yang mulai menggunung
b.
Mereka
tetap menikmati makanan dan minuman sambil beristirahat
c.
Banyak
pembeli yang tidak suka dengan kehadiran lalat tersebut
d.
Lalat-lalat
itu memang suka hinggap di tumpukan sampah
e.
Orang-orang
suka jajan di tempat itu karena murah
31. Perhatikan paragraf berikut ini!
Buku Matematika Aplikasi yang
Diperuntukkan untuk SMA dan MA Kelas XII Program Studi Alam ini digunakan
sebagai sumber pengetahuan agar siswa dapat mendalami pelajaran Matematika
secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E.S. dan Cecep Anwar H.F.S., di mana
di dalam buku ini siswa dapat belajar secara aktivitas di kelas, gamemath, dan siapa berani. Buku ini
tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa lugas dan
ilustrasi menarik. (...) Selain itu, buku ini didukung dengan tampilan tata
letak yang baik, desain, dan ilustrasi menarik dengan memperhatikan tingkat
pemahaman siswa.
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi resensi buku tersebut adalah...
a. Gambar yang disajikan
pada buku ini tidak berwarna sehingga biasa saja dapat menimbulkan kurangnya
minat para siswa dalam mengkaji buku tersebut
b. Kualitas kertas yang
digunakan untuk mencetak buku ini kurang bagus sehingga mudah cacat atau robek
c. Buku ini berbalur
ungkapan santun dan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa
d.
Info mathe digunakan
sebagai informasi untuk membuka wawasan informasi matematika dan perkembangan
teknologi
e.
Glosarium disajikan untuk memahami istilah-istilah yang
disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.
32. Bacalah
paragraf berikut!
Raja itu memerintah dengan ... Perilaku kejam itu menurun kepada para
... raja tersebut. Setiap mereka menagih pajak, tidak pernah kembali dengan ...
karena mereka selalu menagih dengan memaksa.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah ...
a.
besar
kepala, pembantu-pembantunya, tangan kosong.
b.
tangan
besi, tangan kanan, tangan hampa.
c.
manis
mulut, bawahan mereka, tangan kosong.
d.
keras
kepala, kaki tangan, tangan besi.
e.
tangan
besi, bawahan mereka, keras kepala.
33. Perhatikan
ilustrasi berikut ini!
Dahulu Pak Idris menjadi orang paling sukses di kampungnya. Usahanya
dalam bidang ekspor kain berhasil hingga memiliki beberapa cabang. Namun
setelah terjadi krisis moneter usaha yang dirintisnya selama bertahun-tahun
mengalami kebangkrutan. Semua asetnya di beberapa tempat habis terjual untuk
melunasi hutangnya. Kini Pak Idris harus hidup merangkak lagi dari nol.
Peribahasa yang tepat dari ilustrasi
tersebut adalah...
a.
air
beriak tanda tak dalam
b.
air
besar batu bersibak
c.
air
ada pasang ada surut
d.
air
jernih ikannya jinak
e.
air
orang disauk, ranting orang dipatah
34. Cermatilah
kutipan puisi berikut dengan saksama!
Andai esok tak ada lagi mentari
Arah langkah terhenti seketika
Langit berubah warna kelabu
...
Bunga-bunga mendadak layu
Kalimat bermajas yang tepat untuk
melengkapi bagian rumpang puisi tersebut adalah ...
a.
Gerimis
pun mulai reda lagi
b.
Udara
dingin sekali
c.
Angin
dan embun pagi berhenti menyapa
d.
Tanpa
lentera akan gelap sekali
e.
Pembawa
berita bercerita
35. Perhatikan
paragraf berikut ini!
Budaya nabung penting dimulai
sejak dini. Budaya nabung dapat mendidik anak untuk mengendalikan diri dalam
bersifat konsumtiv. Dengan nabung
anak belajar membelanjakan uangnya secara bijak. Kegemaran nabung memang besar
manfaatnya sebagai bekal untuk masa
depan. Selain itu, budaya nabung dapat dijadikan sebgai bagian dari gaya hidup
di kalangan pelajaran dan dan melatih mereka dalam mengkelola keuangan.
Perbaikan kata yang tercetak miring
adalah...
a.
menabung,
konsumtife, kelola
b.
menabung,
konsumtive, pengelola
c.
menabung,
konsumtif, mengelola
d.
menabung,
konsumtip, pengelolaan
e.
menabung,
konsumtive, mengelolakan
(1) Bakat tidak selamanya dapat membawa aktivitas tulis-menulis menjadi
mudah dan lancar. (2) Berulang kali para pakar mengatakan bahwa menulis
merupakan pelajaran dasar yang sudah kita dapatkan semenjak duduk di bangku
sekolah dasar. (3) Sering kali ketika kita hendak menuangkan ide-ide dalam
bentuk tulisan, sesuatu yang bernama “bakat” selalu menjadi semacam “kambing
hitam” . (4) Menulis membuat orang sering berkhayal. (5) Dengan demikian,
aktivitas menulis seringkali sekedar dikaitkan dengan bakat seseorang.
Kalimat yang tidak padu dalam paragraf
tersebut adalah nomor...
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
37. Perhatikan kalimat berikut ini!
Kita tidak... beratnya sanksi bagi
pelanggar... lalu lintas karena hal itu... bukan merupakan sumber masalah.
Kata yang tepat
untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah...
a.
dipersoalkan,
pengaturan, pembenarannya
b.
mempersoal,
pengaturan, kebenarannya
c.
mempersoal,
peraturan, dibenarkannya
d.
mempersoalkan,
peraturan, sebenarnya
e.
dipersoalkan,
peraturan, sebenar-benarnya
38. Perhatikan
paragraf berikut ini!
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
menerima usulan untuk menutup infestasi asing di bidang usaha produk elektron
berbasis Tehnologi sederhana, seperti kipas angin. Selain kipas angin, produk
lain berbasis teknologi sederhana, di antaranya, setrika listrik, rice cooker,
blender, dan lemari satu pintu.
Penulisan ejaan pada paragraf tersebut
tidak tepat karena...
a.
Penulisan
kata infestasi seharusnya ipestasi. Dan elektron seharusnya elektronik dan kata
tehnologi seharusnya teknologi
b.
Penulisan
kata infestasi seharusnya investasi, kata elektron seharusnya elektronic, dan
kata tehnologi seharusnya teknologi.
c.
Penulisan
kata infestasi seharusnya ipestasi, kata elektron seharusnya elektroda, dan
kata tehnologi seharusnya teknologi
d.
Penulisan
kata infestasi seharusnya investasi, kata elektron seharusnya elektronik, kata
tehnologi seharusnya teknologi
e.
Penulisan
kata infestasi seharusnya investasi, kata elektron seharusnya elektronik, dan
kata tehnologi seharusnya tekhnologi
39. Perhatikan
paragraf berikut ini!
Dalam buku ini ingin mengatakan bahwa orang-orang yang menghakimi itu
sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ayu alias cuma sok tahu.
Perbaikan yang tepat terhadap struktur
yang salah pada kalimat tersebut adalah...
a.
Dalam
buku ini ingin menceritakan orang-orang yang menghakimi Ayu itu cuma sok tahu
b.
Buku
ini ingin mengatakan bahwa orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak
tahu betul soal diri Ayu alias cuma sok tahu
c.
Buku
ini ingin mengatakan tentang orang-orang yang dihakimi itu, bahwa sesungguhnya
diri Ayu itu cuma sok tahu
d.
Buku
ini ingin menceritakan orang-orang yang menghakimi diri Ayu itu cuma sok tahu
e.
Buku
ini dikatakan oleh orang-orang yang menghakimi Ayu itu sebagai orang yang cuma sok tahu
40. Judul karya tulis: menggali potensi diri untuk
meningkatkan kepercayaan diri.
Penulisan judul makalah yang tepat
adalah...
a.
Menggali
Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri
b.
Menggali
potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
c.
Menggali
Potensi Diri untuk Meningkatkan kepercayaan diri
d.
Menggali
Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
e.
Menggali
Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri
II. Soal Essay
Jawablah soal-soal
berikut ini!
1.
Buatlah
sebuah teks berita dengan tema “Bencana Alam” yang disesuaikan dengan
rumusan 5W+1H !
2.
Perbaikilah
penulisan alamat yang dituju sesuai dengan EYD !
kepada
yth. : Bapak kepala direktur pt. angin tornado
jln. Arimbi nomor 37
bandung.
3.
Bacalah
kutipan novel berikut dengan saksama !
Sang mentari pun terbit dari timur, serta
burung-burung sudah beterbangan kesana kemari seakan-akan ikut gembira.
Meskipun begitu, Salman tampak murung. Harapannya hancur karena tidak dapat
mempertahankan rangking satu.
Saat proses pembelajaran akan dimulai,
tanpa disangka-sangka Dewa, sahabatnya, datang bersama Anjas. Maka Salman pun
geram karena si anak baru itu telah mengambil semua miliknya selama ini, mulai
dari bintang kelas hingga sahabat karib. Salman tidak kuat menahankan
kesabaran, ia pun tanpa berpikir panjang memukul meja dengan kuat.
Tunjukkan unsur-unsur
instrinsik !
4.
Bacalah
kalimat kompleks dibawah ini, kemudian carilah inti kalimatnya!
Seorang wanita paruh baya berusia 30-40
tahun akan mengikuti seminar rias pengantin adat Jawa di Balai Desa Debong
Tengah, Kecamatan Dukuhturi, pada tanggal 25 Februari 2018.
5.
Buatlah
sebuah puisi berdasarkan ilustrasi berikut!
Sekalipun miskin, Sandat selalu menanamkan
kepercayaan diri yang besar pada Cenana, anak semata wayangnya. “Hidup selalu
berubah. Kau boleh punya banyak impian. Kita tahu bahwa kita masih hidup, masih
beruntung. Tapi jangan pernah memaksakan semua impianmu jadi kenyataan.
Kejarlah yang kira-kira bisa kau capai saja. Ah, kau makin besar, sehat, dan
cantik.”
I.
PILIHAN
GANDA
1. B
11. A 21.
E 31. C
2. E 12.
E 22. C 32. B
3. C 13.
A 23. C 33. C
4. A 14.
B 24. C 34. C
5. B 15.
A 25. B 35. C
6. A 16.
B 26. E 36. B
7. D 17.
D 27. D 37. D
8. B 18.
C 28. B 38. D
9. E 19.
B 29. E 39. B
10. A 20. E 30.
B 40. D
II.
URAIAN
1.
Penilaian menggunakan struktur teks
berita dan rumusan 5W+1H.
2.
Alamat yang dituju sesuai EYD :
Yth.
Direktur PT Angin Tornado
Jalan
Arimbi 37
Bandung
3.
Unsur-unsur intrinsik pada kutipan
novel meliputi :
a. latar
: pagi hari
b. penokohan
: Salman : kecewa
anjas :
pandai dan cerdas
4.
Seorang wanita mengikuti seminar.
5.
Penilaian puisi dengan
memperhatikan :
-
bait
-
diksi
-
rima
-
irama
0 Response to "SOAL USBN SMA/MA BAHASA INDONESIA KTSP"
Post a Comment
sumonggo tinggalkan salam