1. Kata “hadis” berasal dari Bahasa Arab
yang berarti ….
A. Bersama
B. Berbeda
C. Berjalan
D. Bertemu
E. Bercerita
2. Perhatikan kalimat berikut!
Definisi di atas adalah pengertian dari ...
A. Sunnah
B. Khabar
C. Hadis Qudsi
D. Hadis
E. Atsar
3. Secara etimologi sunnah memiliki beberapa arti. Yang bukan merupakan arti sunnah secara bahasa adalah ….
A. Cara
B. Tradisi
C. Adat
D. Jalan yang ditempuh
E. Baru
4. Perhatikan pernyataan berikut !
Definisi di atas adalah pengertian dari ...
A. Sunnah
B. Khabar
C. Atsar
D. Hadis
E. Al-Qur’an
5. Para ulama’ memberikan definisi yang beragam mengenai khabar, begitu pula dengan ulama Muhaddisin. Mereka mendefinisikan khabar adalah ….
A. Suatu berita yang berasal dari ulama hadis
B. Suatu berita yang khusus dari sahabat Nabi
C. Suatu berita yang hanya mengandung hukum
D. Suatu berita yang diterima dari sahabat dan tabiin
E. Suatu berita yang diterima dari Nabi Muhammad Saw, sahabat dan tabiin
6. Perhatikan hadis di bawah ini!
Arti dari hadis di atas adalah ...
A. Termasuk sunnah, ialah meletakkan tangan di bawah dada sewaktu melaksanakan shalat.
B. Termasuk sunnah, ialah meletakkan tangan pada dada sewaktu melaksanakan shalat.
C. Termasuk sunnah, ialah meletakkan tangan pada perut sewaktu melaksanakan shalat.
D. Termasuk sunnah, ialah meletakkan tangan di atas pusar sewaktu melaksanakan shalat.
E. Termasuk sunnah, ialah meletakkan tangan di bawah pusar sewaktu melaksanakan shalat
7. Perhatikan kalimat berikut
Pernyataan di atas adalah pernyataaan tentang definisi dari ...
A. Khabar
B. Atsar
C. Hadits
D. Ma’tsur
E. Sunnah
8. Kata Atsar berasal dari Bahasa Arab, yang secara etimologi memiliki arti ….
A. Sisa dari sesuatu
B. Barang bekas
C. Do’a
D. Belum lama terjadi
E. Sesuatu yang baru
9. Secara garis besar persamaan antara sunnah dan hadis adalah ….
A. Keduanya merupakan perbuatan sahabat
B. Keduanya merupakan perkataan Nabi Saw, sahabat dan tabiin
C. Keduanya merupakan taqrir Nabi Saw, sahabat dan tabiin
D. Keduanya bersumber kepada Nabi Saw
E. Keduanya terkadang bersumber dari selain Nabi saw
10. Perhatikan pernyataan berikut
Berdasarkan pengertian sunnah dari Muhaddisin di atas, sunnah bersifat lebih luas daripada hadis, karena ...
A. Sunnah mencakup hukum syara’ (hukum agama)
B. Sunnah meliputi ucapan, perbuatan dan ketetapan Nabi Muhammad saw
C. Sunnah meliputi segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw setelah diangkat sebagai rasul
D. Sunnah meliputi segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw sebelum dan setelah diangkat sebagai rasul
E. Sunnah meliputi segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw dan selainnya, termasuk Sahabat dan Tabi’in
11. Perhatikan hadis berikut
Hadis di atas merupakan contoh dari sunnah dalam bentuk … Nabi
A. Adab
B. Keinginan
C. Perkataan
D. Perbuatan
E. Persetujuan
12. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan perbedaan al-Qur’an dengan Hadis Nabi ….
A. Al-Qur’an diturunkan dari Allah sedang hadis dari Nabi Muhammad saw
B. Al-Qur’an boleh diriwayatkan maknanya saja, hadis tidak boleh
C. Al-Qur’an baik lafaz dan maknanya merupakan mukjizat, hadis bukan mu’jizat
D. Al-Qur’an diturunkan melalui perantara Jibril, hadis melalui mimpi Nabi
E. Membaca al-Qur’an bernilai ibadah dan berpahala, membaca hadis tidak
13. Hadis mengalami masa perkembangan dari waktu ke waktu. Masa perkembangan hadis yang ditandai dengan masa turunnya wahyu dan pembentukan masyarakat Islam (‘Ashr al- Wahyi wa at-Takwin), terjadi pada ….
A. Masa Rasulullah
B. Masa Khulafaur Rasyidin
C. Masa sahabat dan Tabi’in
D. Masa abad ke-2 dan ke-3 Hijriyah
E. Masa 656 Hijriyah sampai sekarang
14. Masa perkembangan hadis pada periode Khulafaur Rrasyidin dapat dilihat dari ….
A. Berkembang dan meluasnya periwayatan hadis
B. Hadis yang diriwayatkan dibatasi dan menyedikitkan riwayat
C. Sudah dimulainya penulisan dan pembukuan hadis
D. Masa puncak pembukuan hadis
E. Munculnya ulama Mutaqaddimin dan mutaakhirin
15. Agar hadis terpelihara, maka banyak ulama yang mulai membukukan hadis. Namun pembukuan secara resmi yang diselenggarakan pemerintah dimulai pada abad ke-2 Hijriyah, yaitu pada masa khalifah….
A. Abu Ja’far al-Manshur
B. Hasan Ibn Ali
C. Mu’awiyah bin Abu Sufyan
D. Umar Ibn Abdul Aziz
E. Bani Umayyah
16. Rangkaian urutan orang-orang yang menjadi sandaran atau jalan yang menghubungkan satu hadis atau sunnah sampai kepada Nabi Saw. Pernyataan tersebut adalah pengertian ….
A. Sanad
B. Matan
C. Rowi
D. Musnad
E. Mukhorij
17. Sanad secara etimologi berasal dari lafal , yang memiliki arti di bawah ini, kecuali ….
A. Rantai
B. Sandaran
C. Sesuatu yang dapat dipercaya
D. Sesuatu yang dapat dipegangi
E. Tempat untuk bersandar
18. Perhatikan pernyataan di bawah ini
Pernyataan di atas adalah pernyataan dari definisi ...
A. Rawi
B. Matan
C. Khabar
D. Sanad
E. Hadis
19. Agar hadis dapat diterima sebagai sumber hokum, maka harus memenuhi syarat-syarat diterimanya hadis. Di antara syarat-syarat tersebut adalah periwayat hadis (rawi) harus seseorang yang mempunyai adab dan akhlak yang terpuji dan meninggalkan perbuatan yang menyebabkan orang lain mencelanya, yang dikenal dengan istilah ….
A. Almuru’ah
B. Dhabith
C. Fasiq
D. Husnul-khātimah
E. Husnuẓ-ẓann
20. Perhatikan hadis berikut !
Sanad pada contoh hadis di atas adalah ...
A.
B.
C. A
D.
E.
21. Perhatikan hadis di bawah ini
Lafal disebut dengan ...
A. Sanad
B. Sandaran
C. Rantai
D. Rawi
E. Matan
22. Salah satu syarat yang harus dipenuhi agar sebuah hadis dikatakan shahih dan dapat dijadikan sumber hukum adalah matan hadis tersebut tidak mengandung ‘illah, maksudnya adalah ….
A. Mempunyai kekurangan
B. Kurang sempurna
C. Tidak kuat hafalannya
D. Kurang adil
E. Tidak mengandung cacat
23. Seorang perawi harus dlabit, baik dlabit Kitaban maupun dlabit Shadran. Yang dimaksud dengan dlabit shadran ialah ….
A. Pandai
B. Kuat hafalan
C. Teliti dalam penulisan
D. Luas wawasannya
E. Memiliki kekuatan
24. Pada masa perkembangan hadis, banyak sahabat yang meriwayatkan hadis dalam jumlah yang banyak pula, sehingga mereka dikenal dengan gelar al-mukatsiruna fil hadis (bendaharawan hadis). Di antara mereka, sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadis adalah ….
A. Abu Sa’id al-Khudri
B. Abdullah bin Abbas
C. Anas bin Malik
D. Abu Hurairah
E. Aisyah
25. Perhatikan hadis berikut!
Maksud dari muttafaqun ‘alaihi pada hadis di atas adalah ...
A. Diriwayatkan oleh Ahmad dan al-Bukhari
B. Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim
C. Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan Ahmad
D. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Abu Dawud
E. Diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad
26. Pada masa kini, kita dapat dengan mudah mempelajari sejarah para perawi hadis sehingga memudahkan pula kita dalam mengaplikasikan hadis tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Semua itu berkat ilmu yang telah disusun pada ahli hadis, yaitu ….
A. Ilmu-ilmu hadis
B. Ilmu musthalah al-hadis
C. Ilmu jarh wa ta’dil
D. Ilmu rijalul hadis
E. Ilmu manthiq
27. Dalam hukum Islam, hadis menjadi sumber hukum kedua setelah al-Qur’an. Sehingga hadis tidak dapat berdiri sendiri sebagai sumber hukum. Hadis mempunyai beberapa fungsi terhadap al-Qur’an. Fungsi hadis untuk menetapkan dan juga memperkuat dari apa yang sudah diterangkan dalam al-Quran dikenal dengan istilah ….
A. Bayan tafsir
B. Bayan taqrir
C. Bayan ta’yin
D. Bayan tasyri’
E. Bayan isbat
28. Perhatikan petikan hadis berikut !
Hadis di atas merupakan hadis yang berfungsi sebagai ...
A. Bayan isbat
B. Bayan ta’yin
C. Bayan taqrir
D. Bayan tasyri’
E. Bayan tafshil
29. Hadis mempunyai fungsi sebagai bayan nasakh terhadap al-Qur’an. Secara etimologi
memiliki beberapa arti, kecuali ….
A. Mengubah
B. Membatalkan
C. Memindahkan
D. menambahkan
E. Menghilangkan
30. Perhatikan contoh hadis berikut !
Hadis di atas berkaitan dengan ayat
Hubungan hadis di atas terhadap ayat Al-Qur’an tersebut sebagai ...
A. Tafsil al-mujmal
B. Bayan isbat
C. Taqyid al-muthlaq
D. Bayan tasyri’
E. Takhshis al-am
31. Al-Qur’an memerintahkan untuk membagi harta warisan kepada anak laki-laki dan perempuan. Rasulullah mengatakan, tidak mendapatkan warisan. Fungsi hadis yang demikian adalah ….
A. Bayan takhshish
B. Bayan tasyri’
C. Bayan nasakh
D. Bayan tafsir
E. Bayan tafshil
32. Agar hadis dapat digunakan sebagai sumber hukum, maka dapat dilihat dari rangkaian para periwayatnya. Dari segi inilah, hadis dibagi dalam dua segi yaitu kuantitas dan kualitas. Adapun yang dimaksud dengan tinjauan dari segi kuantitasnya adalah ….
A. Melihat dari sisi apakah hadis tersebut dapat diterima atau ditolak
B. Melihat pada sisi sanad dan matan hadis
C. Mengkaji suatu hadis dari sisi banyaknya rawi
D. Melihat dari sisi kandungan hadis
E. Mengkaji dari sisi sejarahnya
33. Dari segi bahasa, mutawatir berarti muttabi’, maksud dari kata tersebut adalah ….
A. Yang terkenal di masyarakat
B. Yang datang berturut-turut dengan tidak ada jaraknya
C. Yang dijamin kebenarannya
D. Yang dijadikan dasar hukum
E. Yang menjelaskan al-Qur’an
34. Hadis ahad yaitu hadis yang diriwayatkan oleh satu, dua atau tiga orang atau lebih namun tidak mencapai derajat mutawatir. Hadis yang diriwayatkan oleh dua orang walaupun dua orang rawi tersebut terdapat pada satu lapisan saja, kemudian setelah itu, orang lain meriwayatkannya. Hadis tersebut adalah hadis ….
A. Shohih
B. Masyhur
C. Aziz
D. Gharib
E. Hasan
35. Secara etimologi, Gharib berasal dari kata yang berarti ….
A. Populer
B. Yang benar
C. Yang baik
D. Kuat
E. Asing
36. Salah satu syarat yang harus dipenuhi agar sebuah hadis dikatakan shahih adalah matan hadis tersebut tidak syadz, maksudnya adalah ….
A. Tidak bertentangan
B. Tidak buruk
C. Tidak kuat hafalannya
D. Tidak dzalim
E. Tidak mengandung cacat
37. Perhatikan ayat di bawah ini!
Hadis di atas diriwayatkan oleh banyak periwayat dari tiap thabaqah (tingkatan sanad), maka hadis di atas termasuk dalam kategori hadis ...
A. Mutawatir
B. Ahad
C. Masyhur
D. ‘Aziz
E. Gharib
38. Ulama hadis yang menulis dan mendokumentasikan pendapat para sahabat dan tabi’in dalam karyanya (Kitab al-Muwatta’) karena menganggap sangat penting untuk menuliskannya disebabkan ada peristiwa yang tidak terjadi pada masa Nabi, tetapi terjadi pada masa sesudah Nabi. Ulama tersebut adalah ….
A. Imam al-Bukhari
B. Imam Malik
C. Imam Muslim
D. Imam Abu Dawud
E. Imam Tirmidzi
39. Seorang tokoh hadis yang mempunyai nama lengkap Abu Abdillah Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim ibn al-Mughirah ibn Bardziyah al-Jufi. Ia mempunyai karya kitab hadis al-Jami’ al-shahih, Ulama tersebut dikenal dengan nama ….
A. Imam Ibn Majah
B. Imam al-Bukhari
C. Imam Muslim
D. Imam Abu Dawud
E. Imam an-Nasa’i
40. Pada mulanya ulama hadis ini, menyusun kitab hadis dengan nama al-Sunan al-Kubra. Di dalamnya memuat hadis sahih, hasan, dan dlaif. Kemudian ia menyeleksi hadis-hadisnya lagi, sehingga tersusunlah kitab al-Sunan al-Mujtaba. Nama asli tokoh tersebut adalah ….
A. Imam al-Hafidz Abu Abdirrahman Ahmad ibn Ali al-Khurasi an-Nasa’i
B. Imam al-Hafidz Abu Abdillah, Muhammad ibn Yazid al-Qazwainiibn Majah
C. Sulaiman ibn al-Asy’as ibn Ishaq al-Adzawi al-Sijistani
D. Abu al-Husein Muslim ibn al-Hajjaj al-Naisaburi
E. Malik bin Anas bin Malik bin `Amr, al-Imam, Abu `Abd Allah al-Humyari al-Asbahi al-Madan
B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar pada lembar jawab yang tersedia!
41. Para ulama memiliki perbedaan dalam memahami hadis, sunnah, khabar dan atsar. Jelaskan perbedaan antara hadis, sunnah, khabar dan atsar !
42. Hadis dari masa ke masa mengalami perkembangan, dari masa pertama adanya hadis, yaitu pada masa Rasulullah hingga saat ini. Jelaskan perkembangan hadis pada masa Sahabat dan Tabi’in !
43. Tentukan sanad, matan dan rawi dari hadis berikut !
44. Hadis merupakan sumber hukum kedua setelah al-Qur’an yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya, sehingga hadis mempunyai berbagai fungsi terhadap al-Qur’an. Di antara fungsi tersebut adalah sebagai bayan nasakh. Jelaskan fungsi tersebut dan berikan contohnya !
45. Hadis dari segi periwayatnya dapat dilihat dari kualitas periwayat ataupun kuantitas periwayat. Dari kualitas periwayat hadis dibagi menjadi hadis shohih, hasan dan dlaif. Sebut dan jelaskan syarat-syarat hadis disebut sebagai hadis shahih !
0 Response to "SOAL PAT QUR'AN HADIS KELAS 10 SEMESTER GENAP"
Post a Comment
sumonggo tinggalkan salam