a. Mengetahui harga sayuran
b. Menciptakan mesin kedokteran
c. Dapat menjelaskan proses fotosintesis
d. Membuat alat komunikasi yang efektif
e. Mengetahui hokum II neuton
2. Hubungan antara mahluk hidup dan lingkungannya merupakan
masalah penting dalam biologi. Cabang biologi yang mempelajari masalah ini
disebut….
a. Fisiologi
b. Ekologi
c. Taksonomi
d. Morfologi
e. genetika
3. Cabang biologi yang berperan penting dalam penanggulangan
masalah serangan hama ulat bulu di perkebunan dan pemukiman warga adalah…..
a. Harpetologi
b. Ornitologi
c. Entomologi
d. Mikologi
e. parasitologi
4. Seorang siswa bermaksud untuk melakukan penelitian
sekelompok ular, tikus, dan katak di daerah persawahan. Objek penelitian siswa
tersebut berada pada tingkat organisasi kehidupan….
a. Individu
b. Populasi
c. Komunitas
d. Organ
e. ekosistem
5. Kumpulan dari individu sejenis adalah…..
a. Organisme
b. Populasi
c. Komunitas
d. Ekosistem
e. bioma
6. Anis akan melakukan transplantasi ginjal. Ginjal dipelajari
pada tingkat organisasi kehidupan…
a. Sel
b. Jaringan
c. Organ
d. System organ
e. individu
7. Jika kita ingin menampung bahan kimia dalam jumlah yang
relative banyak dan cair sebaiknya menggunakan…
a. Tabung reaksi
b. Erlenmeyer
c. Pipet tetes
d. Gelas benda
e. Gelas penutup
8. Berikut merupakan hasil observasi kuantitatif adalah…
a. Kain sutra halus
b. Suara kokok ayam jantan nyaring
c. Apel malang berwarna hijau
d. Kadar gula 5%
e. Jeruk keprok rasanya manis
9. Tujuan dilakukannya percobaan oleh para peneliti adalah…
a. Menguji metode ilmiah
b. Menganalisis dari data yang diperoleh
c. Menemukan suatu hokum ilmiah
d. Memastikan bahwa hipotesisnya benar
e. Membuktikan kebenaran suatu teori
10. Salah satu peran biologi dibidang konservasi adalah pengelolaan
sumber daya alam dengan memperhatikan….
a. Kelestarian sumber air
b. Terpenuhinya kebutuhan manusia
c. Terjaganya kelestarian flora dan fauna
d. Pertanian monokultur
e. Peningkatan daya guna lahan
11. Penggolongan organisme dengan system klasifikasi filogenetik
dilaksanakan berdasarkan kesamaan….
a. Habitat dan morfofologi
b. Morfologi
c. Kekerabatan secara evolusi
d. Habitat
e. Susunan biokimiawi tubuh
12. Kelompok tumbuhan yang menunjukkan variasi individu dalam
satu spesies terdapat pada….
a. Jambu, manga dan nanas
b. Kelapa, tomat dan pinang
c. Terong, tomat dan kentang
d. Mangga gadung, mangga manalagi dan mangga golek
e. Jahe merah, lengkuas merah dan kunyit putih
13. Keunikan hewan-hewan yang termasuk daerah Australian yaitu….
a. Banyak hewan berkantong
b. Terdapat berbagai jenis hewan primata
c. Terdapat berbagai hewan endemic
d. Spesies mamalia berukuran besar
e. Terdapat berbagai jenis burung yang bersuara merdu
14. Berikut yang merupakan nilai biologis dari keanekaragaman
hayati adalah…
a. Taman nasional sebagai tempat wisata
b. Keanekaragaman hayati sebagai sumber pangan
c. Komoditas ekspor dari tanaman budi daya
d. Keanekaragaman hayati sebagai bahan penelitian
e. Keanekaragaman hayati sebagai penunjang kehidupan
15. Tingkatan takson dari paling tinggi ke paling rendah adalah…
a. Divisi- kelas- ordo- familia- genus- spesies
b. Divisi- ordo- kelas- familia- genus- spesies
c. Divisi- kelas-familia- ordo-genus- spesies
d. Spesies- genus- familia- ordo- divisio- kelas
e. Spesies- ordo- familia- genus- divisio
16. Keanekaragaman hayati yang tinggi dapat dijumpai dalam….
a. Komunitas lama
b. Hutan hujan tropis
c. Komunitas baru
d. Hutan dataran rendah
e. Padang rumput
17. Berdasarkan system tata nama ganda, penulisan yang benar
untuk nama jenis jagung adalah…
a. Zea mays
b. Zea Mays
c. ZEA MAYS
d. Zea mays
e. ZEA mays
18. Tectona grandis
mempunyai nilai manfaat keanekaragaman hayati sebagai sumber…
a. Sandang
b. Budaya
c. Papan
d. Obat
e. kosmetik
19. Eugenia aromatica
( cengkih) dan Eugenia malacensis (jambu bol) memiliki persamaan tingkat
takson terendah yaitu pada tingkat…
a. Ordo
b. Kelas
c. Genus
d. Spesies
e. familia
20. Bunga bangkai ditumbuhkan di kebun raya purwodadi supaya
tetap lestari. Upaya pelestarian tersebut dapat dikategorikan dalam konservasi…
a. Eksitu
b. Insitu
c. Out situ
d. Di situ
e. Under situ
21. Varicella zoster adalah
virus yang dapat menyebabkan penyakit …
a. herpes
b. cacar air
c. gondong
d. campak
e. hepatitis
22. organisme penyebab penyakit demam berdarah adalah…
a. bakteri
b. Amoeba
c. Plasmodium
d. Aedes aegypty
e. Virus
23. Perhatikan gambar berikut !
Bagian dari virus yang masuk ke sel
inang untuk bereplikasi adalah…
a. Kapsid
b. Kapsomer
c. Ekor
d. Kepala
e. Asam nukleat
24. Berikut beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus
1. NCD
2. CVPD
3. Foot and mouth disease
4. Mosaic
5. Tungro
Penyakit
yang menyerang tumbuhan adalah…
a. 1,4,5
b. 1,3,5
c. 2,4,5
d. 2,3,4
e. 3,4,5
25. Jenis penyakit pada ayam yang disebabkan oleh virus adalah…
a. CVPD
b. Mosaic
c. Rabies
d. Tungro
e. Tetelo
26. Virus dianggap mahluk hidup karena…
a. Tubuhnya mengandung asam nukleat
b. Dapat menyerang bakteri
c. Menyebabkan penyakit AIDS
d. Memperbanyak diri pada sel hidup
e. Melewati saringan bakteri
27. Jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dan melumpuhkan
system kekebalan tubuh adalah…
a. Polio
b. AIDS
c. Hepatitis
d. Rabies
e. Influenza
28. Virus hanya bias berkembang biak pada sel hidup sehingga
virus bersifat…
a. Saprofit fakultatif
b. Parasite fakultatif
c. Parasite obliget
d. Epifit obligate
e. Saprofit obligate
29. Saat DNA virus masuk ke dalam sel bakteri adalah pada tahap…
a. Sintesis
b. Perakitan
c. Replikasi
d. Penetrasi
e. Adsorbs
30. Bakterifage mempunyai bentuk…
a. Segi empat
b. Huruf T
c. Jarum
d. Batang
e. Bola
I.
Essay
1. Sebutkan contoh manfaat biologi dalam bidang industy makanan
2. Tuliskan urutan tingkatan klasifikasi dalam dunia tumbuhan !
3. Sebutkan aturan binomial nomenclature beserta contohnya !
4. Jelaskan tahapan reproduksi virus litik dan lisogenik
5. Apa yang dimaksud dengan :
a. bakteriofage
b. Virulensi
c. Harpetologi
d. morfologi
0 Response to "SOAL UTS GASAL KELAS 10 MATA PELAJARAN BIOLOGI (LINTAS MINAT)"
Post a Comment
sumonggo tinggalkan salam